Berita Surabaya

Jelang Kualifikasi Piala AFC U-20, Pemkor Surabaya Telah Selesaikan Tiga Akses Menuju Stadion GBT

Jelang Kualifikasi Piala AFC U-20, Pemkot Surabaya telah menyelesaikan pembangunan tiga akses jalan menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Salah satu akses jalan menuju venue Kualifikasi Piala AFC U-20, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), yaitu jalan layang akses Teluk Lamong yang telah selesai dikerjakan, Sabtu (10/9/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemkot Surabaya telah menyelesaikan pembangunan akses menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Kini, ada 3 akses yang bisa ditempuh untuk menuju venue Kualifikasi Piala AFC U-20 tersebut.

Ketiga jalur tersebut antara lain melalui Jalan Jawar, Jalan Tol Romokalisari dan Jalan Kalianak yang terhubung dengan fly over Teluk Lamong.

"Semuanya sudah selesai, tinggal finishing saja," kata Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya, Adi Gunita di Surabaya, Sabtu (10/9/2022).

Salah satu pengerjaan yang dikebut adalah interkoneksi atau penghubung Simpang Susun Romokalisari maupun Flyover Teluk Lamong menuju GBT.

"Kami kerja sama dengan beberapa pihak untuk percepatan pengerjaan tersebut dan tuntas sesuai target," ujar Adi.

Selain bangunan fisik, Pemkot Surabaya juga mempercepat pemasangan atribut Jalan. Termasuk, rambu-rambu di akses jalan menuju Stadion GBT. Sehingga, akan mempermudah penonton dari luar Surabaya maupun luar negeri pendukung timnas yang bertanding, tamu VIP dan tim official menuju stadion.

"Kami penuhi fasilitas itu, mana yang arah pengunjung, tamu VIP, mana yang official," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru.

Pemkot Surabaya juga telah berkoordinasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Timur pada Jumat (9/9/2022). PSSI Asprov Jatim bersama Pemkot juga telah meninjau akses menuju tadion GBT.

"Bukan hanya rambu, kami juga siagakan petugas untuk standby tidak jauh dari petunjuk arah tersebut. Mengantisipasi pengendara salah arah," ujar Tundjung.

Marka jalan menuju ke area Stadion GBT juga disiapkan. Saat ini, juga berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya mengenai pengawalan tim official menuju ke Stadion GBT.

Saat pertandingan, Dishub optimistis tak ada kemacetan.

"Saya rasa nggak ada pengaturan (rekayasa lalu lintas) khusus, karena kan keluarnya nggak terlalu sering. Selama tidak diperlukan pengaturan khusus, akan kami lewatkan jalan seperti biasa, sesuai petunjuk arah. Kami koordinasikan lagi, begitu pula dengan pengawalan official," jelasnya.

Sementara, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, bahwa persiapan menjelang Kualifikasi Piala AFC U-20 terus dilakukan.

Selain akses jalan menuju Stadion GBT, fasilitas di stadion juga dikerjakan seperti pemasangan 126 CCTV dan ruang kontrol hingga mengatasi bau sampah di sekitar lokasi kegiatan.

Sebagai tuan rumah, Cak Eri mengimbau kepada seluruh suporter untuk menjaga kebersihan dan keamanan di Kota Pahlawan.

“Suporter silakan (datang) ke Surabaya, karena kota Surabaya adalah kota yang ramah," katanya.

Pemkot memastikan Surabaya sebagai tempat yang nyaman kepada seluruh suporter.

"Kami berpesan, tolong jaga keamanan Surabaya dan tolong dijaga kebersihannya. Karena kita bersama-sama mendukung Indonesia dan NKRI harga mati,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Stadion GBT telah ditunjuk menjadi tuan rumah pertandingan Grup F Kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023. Grup ini akan diisi oleh Timnas Indonesia U-20, Hongkong, Vietnam, dan Timor Leste.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved