Berita Lamongan

Pulihkan Ekonomi Pelaku UMKM Lamongan, Pemda Fasilitasi Sertifikat Bersubsidi untuk 1.025 MBR

1.025 sertifikat tanah lintas sektor atau bantuan subsidi bagi MBR itu, dimulai Januari 2022 dan terselesaikan Agustus 2022.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi kepada pemohon berpenghasilan rendah melalui program sertifikat bersubsidi di Kantor Pertanahan Lamongan, Jumat (9/9/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Tidak hanya BBM yang disubsidi, sertifikat untuk masyarakat berpenghasilan rendah (BMR) juga disubsidi. Upaya memfasilitasi pemberian sertifikat sah untuk para pelaku UMKM itu merupakan program Pemkab Lamongan dalam rangka pemulihan ekonomi setelah berakhirnya masa krisis.

Program sertifikasi tanah lintas sektor untuk sebanyak 1.025 bidang itu, juga dalam rangka menyongsong Hari Agraria dan Tata Ruang 2022. Program ini merupakan kerjasama pemda dengan Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Lamongan.

Pemberian sertifikat tanah lintas sektor dilakukan secara bertahap. Dan secara simbolis diserahkan 10 sertifikat kepada 10 pelaku usaha kecil oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi di Kantor ATR/BPN, Jumat (9/9/2022).

Pemberian sertifikat tanah lintas sektor di Lamongan itu melibatkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Lamongan, yang bertugas memfilter pemilik usaha kecil di Lamongan yang berhak menerima bantuan itu.

Proses penuntasan 1.025 sertifikat tanah lintas sektor atau bantuan subsidi bagi MBR itu, dimulai sejak Januari 2022 dan terselesaikan pada Agustus 2022.

Kelompok BMR yang disasar adalah yang bekerja di bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pertanian, nelayan dan pembudidaya ikan dalam hal pembiayaan pelayanan sertifikasi hak atas tanah pada kantor pertanahan.

Pada kesempatan yang sama juga berlangsung kegiatan Bazar Ikawati untuk menumbuhkan UMKM Lamongan agar bisa bersama naik kelas.

Ikawati adalah Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati dari Kementerian ATR/BPN. "Bazar ini diinisiasi oleh Ikawati dengan tujuan menumbuhkan ekonomi masyarakat dan juga menambah penghasilan masyarakat," tutur Kepala Kantor BPN Lamongan, Eko Jauhari. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved