Berita Surabaya

PLN Tanam 3000 Mangrove untuk Normalisasi Kawasan Pesisir di Lamongan

PLN Peduli bersama Bumdes Barokah Makmur melakukan penanaman 3000 bibit mangrove di Desa Labuhan, Brondong, Lamongan.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
PLN UID Jatim
Penanaman mangrove yang dilakukan PLN Peduli bekerja sama dengan Bumdes Barokah Makmur melakukan penanaman 3.000 bibit bakau di Desa Labuhan, Brondong, Lamongan. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - PLN Peduli bersama Bumdes Barokah Makmur melakukan penanaman 3000 bibit mangrove di Desa Labuhan, Brondong, Lamongan.

Kawasan mangrove sepanjang 2 kilometer ini terus mengalami penurunan jumlah luasan sepanjang 150 meter sehingga perlu dilakukan normalisasi.

Penanaman mangrove dilakukan mulai Selasa (6/9/2022) oleh PLN, perangkat Desa Labuhan, Bumdes perwakilan Lantamal V Surabaya, dan masyarakat desa ditargetkan selesai dalam 4 hari atau Jumat (9/9/2022).

Ketua Bumdes Barokah Makmur, Ronal Azis menyampaikan bahwa upaya normalisasi kawasan mangrove telah beberapa kali dilakukan untuk mengembalikan ekosistem pesisir pantai.

"Beberapa kali penanaman dicoba tetapi tanaman tidak dapat bertahan dan gagal," kata Ronal.

Sekarang menggunakan metode baru. Proses penanaman mangrove baru dimulai pada periode September dengan memperhitungkan arus, angin, dan kondisi ketinggian air sebagai mitigasi kegagalan penanaman.

"Saat ini, terdapat 16 spesies mangrove yang terdapat di Desa Labuhan dengan luasan 90 hektare,” jelas Ronal.

Senior Manager Komunikasi dan Umum, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Hamzah menyampaikan bahwa upaya normalisasi kawasan mangrove menjadi bagian dari komitmen menjaga keseimbangan antara kegiatan pariwisata di Pantai Kutang dengan kelestarian lingkungan.

"Wisata dan alam perlu saling bersinergi agar memberi manfaat yang lebih besar, tidak hanya ekonomi tapi bagaimana lingkungan bisa melindungi aktivitas agar terhindar dari arus pasang," ungkap Hamzah.

Sebelumnya, PLN telah memberikan bantuan greenhouse untuk tanaman sayur hidroponik pada tahun 2019 untuk pertanian warga di bibir Pantai Kutang.

Pada tahun 2021, PLN memberikan bantuan untuk pengembangan wisata berupa paving jalan, taman, penerangan, pasang baru listrik, dan pembangunan gapura.

Kegiatan pembinaan di kawasan Desa Labuhan ini turut menjadi bagian dari sinergi PLN Peduli dengan Lantamal V yang melakukan pembinaan kawasan pesisir melalui peran Babinpotmar Posal (Bintara Pembina Potensi Maritin Pos TNI AL).

“Sinergi PLN Peduli dengan Lantamal V selama ini berjalan dengan baik dan mampu kembangkan potensi pengembangan desa khususnya kawasan Ekowisata Pantai Kutang. Semoga ke depannya rencana pengembangan kawasan membawa manfaat dan dampak yang lebih besar,” pungkas Welly Tri SA, Babinpotmar Posal.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved