Grahadi

Pemprov Jatim

Pembangunan Masjid Islamic Center Dimulai, Desain Arsitekturnya Hasil Kolaborasi Jabar-Jatim

Pembangunan masjid di kawasan Islamic Center Surabaya resmi dimulai dengan dilakukannya ground breaking Jumat (9/9/2022) sore ini.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak memimpin dimulainya pembangunan Masjid di Islamic Center melalui ground breaking pada Jumat (9/9/2022) sore ini. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pembangunan masjid di kawasan Islamic Center Surabaya resmi dimulai dengan dilakukannya ground breaking Jumat (9/9/2022) sore ini.

Dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, masjid yang digadang akan menjadi destinasi wisata religi dan icon baru Jatim tersebut ditarget akan rampung dibangun akhir tahun 2022.

Wagub Jatim Emil Dardak menuturkan, ide awal pembangunan Masjid Islamic Center ini dicetuskan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pihaknya menuturkan bahwa sayang sekali kondisi Islamic Center yang sudah berusia setengah abad tidak memiliki masjid yang representatif.

Bahkan hanya ada musala kecil yang ada di belakang gedung utama Islamic Center Surabaya.

Berangkat dari itu, maka ada tekad agar dibangun masjid yang megah, yang madep mantep dan menjadi kebanggaan warga Surabaya maupun Jatim di lokasi Islamic Center Surabaya.

“Jadi Ibu Gubernur yang ingin agar dibangun masjid yang representaf di Islamic Center. Yang namanya Islamic Center, maka ibu ingin ada masjid yang ada di sini. Maka di tahun 2022 ini pembangunan akan dilaksanakan,” tegas Emil.

Yang istimewa dari pembangunan Masjid Islamic Center ini, disampaikan Emil Dardak, adalah desain arsitekturnya. Bahkan desain arsitekturnya adalah hasil kolaborasi antara Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sebab, saking inginnya Gubernur Khofifah agar di Islamic Center ini ada masjid yang nantinya dibanggakan warga Jatim, maka Ridwan Kamil yang memang arsitek sempat diminta untuk membantu mengonsepkan desain masjidnya.

Bahkan Ridwan Kamil sudah sempat datang langsung ke Islamic Center Surabaya dan melihat langsung kondisi lapangan untuk pembangunan masjid nantinya.

“Jadi Bapak Ridwan Kamil sudah memberikan konsep dan inspirasi untuk masjid di Islamic Center ini. Yang kemudian diejawantahkan oleh tim arsitek dari Pemprov Jatim sehingga jadilah desain masjid untuk Islamic Center ini. Jadi kolaborasi Jabar-Jatim,” tandas Emil.

Desain Masjid Islamic Center Surabaya ini sendiri menyerupai tangan yang menengadah seperti tangan yang sedang berdoa. Dengan desain moderen dan futuristik, diyakini masjid ini nantinya akan menjadi destinasi wisata masjid baru di Jawa Timur khususnya Surabaya.

Lebih lanjut, untuk anggaran pembangunan Masjid Islamic Center ini dialokasikan dari APBD Pemprov Jatim tahun 2022 dengan nilai Rp 48,1 miliar.

Masjid akan dibangun di atas luasan lahan 6.406 meter persegi. Dengan bangunan tiga lantai, masjid ini digadang akan mampu menampung 3.630 orang jemaah.

“Kalau kata Ibu Gubernur desain masjid ini Wow. Sesuai dengan semangatnya agar masjidnya dibangun gagah, menghadap ke jalan raya sehingga terlihat oleh setiap orang yang melintas, dan menjadi daya tarik masyararakat untuk salat di masjid Islamic Center ini,” ujar Emil.

Meski ditarget akan rampung dalam waktu kurang dari empat bulan, Emil mengingatkan bahwa masjid ini bukan persoalan lama tidaknya dibangun. Melainkan yang harus dipikirkan adalah bagaimana sepanjang hayat masyarakat bersama bisa turut ikut perperan aktif dalam memakmurkan masjid, dan menjadikan masjid sebagai majelis ibadah, majelis ilmu dan majelis pemberdaya ekonomi umat.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved