Berita Lamongan

6 Makam Leluhur Lamongan Direvitalisasi untuk Wisata Ziarah, Ada Mbah Lamong dan Joko Tingkir

pemugaran makam-makam penting, seperti pada makam Mbah Kinameng, panglima perang Kadipaten Lamongan di masa lalu.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi didampingi Wabup Lamongan, KH Abdul Rouf bersama Sekda Moh Nalikan dan para Kepala OPD berziarah ke makam Mbah Kinameng yang akan direvitalisasi, Jumat (9/9/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Keberadaan makam-makam leluhur yang menjadi peletak dasar keberadaan Kabupaten Lamongan, tidak sekadar diziarahi. Tetapi ke depannya bisa menjadi tujuan wisata ziarah dan sejarah yang bisa membawa manfaat bagi warga sekitarnya.

Karena itu Pemkab Lamongan merencanakan pemugaran makam-makam penting, seperti pada makam Mbah Kinameng, panglima perang Kadipaten Lamongan di masa lalu.

"Dengan revitalisasi makam maka diharapkan dapat menjadi daya tarik pariwisata di Lamongan. Karena masyarakat dapat berziarah dengan nyaman dengan fasilitas yang memadai," kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat berziarah ke Makam Mbah Kinameng, Jumat (9/9/2022).

Harapannya, pemugaran makam leluhur Mbah Kinameng ini membawa spirit dan semangat bagi masyarakat Lamongan. Dan agar masyarakat Lamongan tidak melupakan tokoh-tokoh yang meletakkan dasar-dasar berdirinya wilayah Lamongan.

Selain makam Mbah Kinameng, ada juga makam Mbah Lamong dan makam Nyai Andongsari di Kecamatan Ngimbang yang telah selesai direvitalisasi. Sedangkan makam Joko Tingkir di Pringgoboyo yang masih dalam proses pengerjaan.

Yuhronur menyampaikan terima kasihnya kepada warga Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Lamongan di mana makam Mbah Kinameng berada. Menurutnya, masyarakat perlu mensupport agar pemugaran makam dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar, termasuk peziarah dari luar.

“Semoga pemugaran makam ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama warga Kelurahan Sidokumpul dan peziarah yang datang ke makam ini, " ujar Kaji Yes, sapaannya.

Disebutkan, pemugaran situs makam pada 2022 ada di enam titik. Yaitu Makam Mbah Lamong dan makam Nyai Andongsari di Kecamatan Ngimbang, makam Joko Tingkir, makam Mbah Kinameng yang saat ini akan dimulai.

Sementara makam Syech Hasan Ali di Kecamatan Modo masih proses perencanaan. Dan ke depannya dalam PAPBD akan dilanjutkan pemugaran makam Rangga Abu Amin. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved