Berita Surabaya

Kemenkop UKM & Dekranas Tingkatkan Literasi Keuangan Digital Pelaku Sektor Kriya & UMKM Disabilitas

Kemenkop UKM menggelar sinergi kegiatan yang mengusung tema 'Cerita Kriya' di Bali

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
IST
Kemenkop UKM RI bersama stakeholder lainnya meluncurkan program sinergi kegiatan yang mengusung tema 'Cerita Kriya' di Bali, Kamis (8/9/2022). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bidang Pendanaan dan didukung oleh para kolaborator yakni Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), Lembaga Layanan Pemasaran KUKM (Smesco Indonesia), Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), WhatsApp Indonesia, serta UKM Indonesia menggelar sinergi kegiatan yang mengusung tema 'Cerita Kriya' di Bali, Kamis (8/9/2022).

Pemilihan Bali sebagai pusat kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan Pemerintah tehadap upaya agar Pulau Dewata pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Sebagaimana diketahui, Bali yang mengandalikan sektor parawisata itu, sempat terpukul akibat hantaman Pandemi Covid-19. Padahal, selama ini parawisata Bali berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional dan menyumbang banyak devisa bagi negara," kata Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM RI.

Kegiatan sinergi KemenKopUKM dengan Bidang Pendanaan Dekranas ini untuk mendorong ekosistem UMKM Perajin Indonesia menjadi lebih berdaya dan mandiri seiring  menguatnya ekonomi digital.

Program ini, menjadi gerbang kolaborasi lintas sektor.

"Kerja sama ini memberikan peluang bagi UMKM Perajin lokal untuk bisa mengakselerasi potensi supaya dapat onboarding ke digital," jelas Teten.

Berbicara mengenai literasi keuangan dan ekonomi digital, tentu sangat lengkap dengan memanfaatkan aspek tekonolgi digital terkait proses bisnis UMKM dan koperasi.

"UMKM Perajin Indonesia akan semakin berdaya dan mandiri jika masuk dan go digital. Untuk itu, dibutuhkan banyak inovator digital,” ujar Teten.

Pemanfaatan ekonomi digital saat ini menjadi perhatian bagi pengembangan proses bisnis UMKM Perajin Indonesia dan koperasi. Digitalisasi yang diciptakan para inovator selama ini telah terbukti mengubah jutaan pelaku UMKM menjadi lebih berdaya dan kuat kendati terhimpit  pandemi Covid-19.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved