Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Ingatkan Pentingnya Literasi Dasar Hingga Digital di Peringatan Hari Aksara

Gubernur Khofifah mengingatkan pentingnya literasi pada generasi bangsa. Baik itu mulai literasi dasar, literasi finansial hingga literasi digital

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2022. Gubernur Khofifah mengingatkan tentang pentingnya literasi pada generasi bangsa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengingatkan tentang pentingnya literasi pada generasi bangsa. Baik itu mulai literasi dasar, literasi finansial, hingga literasi digital.

Hal itu Gubernur Khofifah sampaikan bertepatan dengan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) yang diperingati pada Kamis (8/9/2022) ini.

"Ini momen yang tepat bagi kita semua untuk bersama-sama menggelorakan pentingnya literasi, baik literasi dasar, financial sampai digital" Kata Gubernur Khofifah usai diwawancara di Tunjungan Plaza di pembukaan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2022.

Dikatakannya, masyarakat diimbau untuk sadar akan pentingnya literasi khususnya tuntutan saat ini literasi digital, sesuai dengan tema HAI 2022 yang diusung UNESCO yaitu Transforming Literacy Learning Spaces.

Di Indonesia tema tersebut diadaptasi menjadi Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar.

Di Jawa Timur, sebanyak 2.754 (76 persen) SMA, SMK dan SLB telah menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM ) Mandiri.

"Alhamdulillah jumlah sekolah jenjang SMA SMK dan SLB yang menerapkan IKM mandiri di Jawa Timur ini terbanyak secara nasional," ucapnya.

Khofifah menuturkan, target IKM mandiri di Jatim Semester I - Tahun Ajaran 2023/2024 Capai 100 persen. Ia menerangkan, bahwa kurikulum ini berpusat pada minat dan bakat siswa dengan model pembelajaran yang berorientasi project based learning.

"Semoga proses pembelajaran siswa di Jatim mampu menjawab kebutuhan kualitas SDM ke depan yang dibutuhkan, amin," tuturnya.

Orang nomor satu di Jatim ini juga menjelaskan, bahwa literasi memiliki kontribusi yang kuat terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berintelektual dan berkarakter.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved