Berita Banyuwangi

Pesawat Cessna 172 Milik API Mendarat Darurat Pantai Ngagelan Banyuwangi, Sosok Penolongnya Viral

Video seorang polisi bermotor trailer mengevakuasi dua orang pilot di Pantai Ngagelan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Adrianus Adhi
Div Humas POlri
Pesawat Latih yang Jatuh di Pantai Ngagelan, pada Senin (5/9/2022). 2 Pilot selamat 

SURYA.co.id, Surabaya - Video seorang polisi bermotor trailer mengevakuasi dua orang pilot di Pantai Ngagelan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi viral di media sosial. Polisi itu ternyata Kapolsek Tegaldlimo Iptu Lita Kurniawan.

Peristiwa ini diketahui pada Senin (5/9/2022). Sementara, Pesawat Cessna 172 itu diketahui milik Akademi Penerbangan Indonesia (API).

Informasi yang SURYA gali, Insiden pesawat latih jenis Cessna bernomor PK-172-SP Garmin 1000 itu, mendarat darurat terjadi sekitar pukul 12.00 WIB, di pasir bibir Pantai Ngagelan, pada Senin (5/9/2022). 

Kapolsek Iptu Lita Kurniawan bersama sejumlah orang petugas dari  Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), mendatangi lokasi terjadinya insiden tersebut, untuk melakukan penyelamatan. 

"Intinya pertama, penyelamatan orang atau manusia."

"Kami di sana, pertama menyelamatkan orang dalam hal ini, adalah adik-adik taruna," ujarnya saat dikonfirmasi SURYA.co.id, Rabu (7/9/2022). 

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan jika pesawat yang melakukan pendaratan darurat tersebut milik Akademi Penerbang Indonesia (API). 

Pesawat tersebut mendarat persis di bibir pantai tersebut. Dan tampak, sebagian dari roda pesawat pun terendam air.

Pesawat tersebut digunakan sebagai pesawat Latih calon pilot di sekolah pilot yang ada di Banyuwangi ini. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. 

Dua orang pilot di dalam pesawat yang berhasil selamat dari insiden tersebut tersebut, bernama Taruna Hawkins dan Taruna Rayhan. 

"Tidak ada korban jiwa. Laporan sementara hanya mengalami luka lecet," ujar Kombes Pol Deddy.

Mengenai penyebab pesawat tersebut mendarat darurat di lokasi tersebut. Pihak API Banyuwangi sedang melakukan investigasi bersama dengan pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

"Pilot dan penumpang sudah di evakuasi oleh Kapolsek Iptu Lita Kurniawan dan anggota. Sekarang diobati," tambahnya. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved