Berita Lamongan

Bangga Capaian IPM Tinggi, Kaji Yes Juga Berharap NU Ikut Mendongkrak Indeks Kesehatan di Lamongan

Dengan berdirinya klinik NU yang dekat dengan akses masyarakat ini, diharapkan semakin meningkatkan derajat kesehatan umat.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi meresmikan Gedung Klinik Mabarrot Nahdlatul Ulama Karanggeneng, Rabu (7/9/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Derajat dan kualitas kesehatan masyarakat Lamongan diharapkan terus dibangun dan ditingkatkan, lewat sinergitas pemda dan semua elemen masyarakat. Karena saat ini capaian Lamongan sudah bagus, di mana indeks kesehatan meningkat sebesar 0,808.

Selain itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lamongan berada pada angka 73,12. Angka tersebut termasuk kategori tinggi.

"Meningkatnya indekss ini tentu dipengaruhi meningkatnya angka harapan hidup dan menurunnya angka kematian di Lamongan," ungkap Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat meresmikan Gedung Klinik Mabarrot Nahdlatul Ulama (NU) di Karanggeneng, Rabu (7/9/2022).

Untuk terus meningkatkan berbagai pelayanan tersebut, Kaji Yes mengajak seluruh pihak tak terkecuali NU untuk bergandeng tangan dan bersinergi dalam mewujudkan cita-cita terutama mengangkat indeks kesehatan di Lamongan.

“Seluruh pembangunan baik bidang kesehatan, pendidikan maupun ekonomi, pemerintah tidak bisa sendiri," kata Kaji Yes.

Dan itu artinya pembangunan di berbagai sektor harus seiring bersama, bergandeng tangan dengan seluruh pihak komponen masyarakat, termasuk dengan NU. Berbagai program juga terus dilakukan pemkab Lamongan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Selain menambah pelayanan kesehatan, seperti RSUD Karangkembang, tahun ini pemkab telah melakukan pembebasan lahan untuk persiapan lahan RSUD Brondong.

"Termasuk dengan program HCS (Home Care Service) yang bekerjasama dengan TP PKK Lamongan guna mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat rentan dan membutuhkan," paparnya.

Sedangkan peran NU dalam pengabdian di berbagai bidang juga sangat besar. Seperti mendirikan lembaga pendidikan, serta mendirikan pusat kesehatan dan perguruan tinggi. Yuhronur yakin jika klinik dikelola dengan serius maka akan semakin berkembang dan tumbuh menjadi besar.

Dengan berdirinya klinik NU yang dekat dengan akses masyarakat ini, diharapkan semakin meningkatkan derajat kesehatan umat.

“Saya senang dan bangga sekali bisa menggunting pita untuk peresmian klinik Mabarrot NU ini. Diharapkan keberadaan klinik ini dapat meningkatkan derajat kesehatan umat terutama di wilayah Karanggeneng dan sekitarnya,” ujar Yuhronur.

Gedung Klinik Mabarrot NU Karanggeneng dilengkapi berbagai pelayanan mulai dari poli umum dan KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), UGD 24 jam, pelayanan persalinan 24 jam, laboratorium, farmasi, gizi serta ruang rawat inap sebanyak 5 bed.

Sementara untuk menunjang berbagai fasilitas tersebut, juga dipersiapkan tenaga kesehatan yang mumpuni seperti dokter, bidan, perawat, apoteker, analis kesehatan, ahli gizi hingga keamanan yang berjumlah 22 orang. ****

 

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved