Berita Surabaya

SKK Migas Wilayah Jabanusa Berpotensi Tambah Produk Gas Bumi Sebesar 500 mmscfd

SKK Migas mengklaim akan mendapatkan tambahan produksi gas bumi hingga 500 Million Standard Cubic Feet per Day (mmscfd).

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
SKK Migas
Nurwahidi dihadapan Wakil Gubenur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dalam gelaran Gas Expo 2022 di Hotel Westin Surabaya Barat. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa), Nurwahidi mengklaim akan mendapatkan tambahan produksi gas bumi hingga 500 Million Standard Cubic Feet per Day (mmscfd).

Yang terbesar terdapat di wilayah Jatim dan Jateng.

Hal ini diungkapkan Nurwahidi dihadapan Wakil Gubenur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dalam gelaran Gas Expo 2022 di Hotel Westin Surabaya Barat, Selasa (30/8/2022).

"Potensi 500 mmscfd ini akan dihasilkan dari 8 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Migas. Yang paling terbesar adalah Beberapa proyek gas yang akan onstream dan berpotensi memberikan tambahan produksi sekitar 500 mmscfd adalah Jambaran Tiung Biru – PEPC yang akan memproduksi gas terbesar yakni sekitar 192 mmscfd," jelas Nurwahidi.

HCML dengan sumur MDA/MDH sekitar 120 mmscfd dan MAC sebanyak 50 mmscfd dan Medco dengan lapangan Paus Biru sebanyak 30 mmscfd.

Sumur RBG yang dikelola  TIS petroleum sebanyak 15 mmscfd. Serta Kris Energy dengan lapangan Lengo sebanyak 70 mmscfd.

Serta sumur eksplorasi ENC dikelola EML sebanyak 30 mmscfd. Lapangan Bukit Panjang dikelola PCK2L sebanyak 50 mmscfd serta beberapa proyek gas lainnya.

"Saat ini saja Jatim sudah surplus gas dan ini menjadikan wilayah SKK Migas Jabanusa ini menjadi salah satu penyumbang migas terbesar Indonesia. Dimana 203 ribu bopd atau sebesar 35 persen dari produksi minyak bumi dari wilayah kami dan sekitar 560 mmscfd gas atau sebesar 10 persen produksi gas bumi secara nasional," beber Nurwahidi.

Sumber daya gas yang besar ini bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi di Jatim maupun di Jateng.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved