Berita Ponorogo

SBY Santap Sate Gule Kambing Bu Yuli di Ponorogo, Teringat Kenangan Ayahanda : Ngangenin

SBY didampingi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko nampak menikmati Sate Gule Kambing Bu Yuli yang berlokasi di sekitar Pasar Legi Ponorogo

tribun jatim/sofyan arif
Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Wisata Kuliner ke Sate Gule Kambing Bu Yuli, Kabupaten Ponorogo, Senin (29/8/2022). 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Di sela-sela aktivitasnya, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri untuk wisata kuliner ke Kabupaten Ponorogo, Senin (29/8/2022).

SBY didampingi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko nampak menikmati Sate Gule Kambing Bu Yuli yang berlokasi di sekitar Pasar Legi Ponorogo, Jalan KH Ahmad Dahlan.

Menurut SBY, Kabupaten Ponorogo punya kenangan tersendiri bagi keluarganya.

"Ayah saya kalau sedang bepergian dari Pacitan ke Madiun atau Madiun ke Pacitan selalu singgah ke Ponorogo untuk dhahar (makan) apakah pecel atau soto ayam atau sate gule," kata SBY, Senin (29/8/2022).

Kenangan tersebut tiba-tiba terlintas di ingatan SBY yang saat itu tengah berada di tanah kelahirannya, Kabupaten Pacitan.

"Bagus kalau Ponorogo untuk ganti menu sehari-hari, lalu ingat saya Ponorogo banyak sekali makanan yang enak-enak, antara lain sate gule, akhirnya kesini dan semua sependapat, enak sekali dan ngangenin," lanjutnya.

SBY pun tak akan ragu jika sedang berada di Pacitan akan sering mampir ke Ponorogo untuk bernostalgia wisata kuliner, baik Sate Gule Kambing, pecel, maupun soto.

Purnawirawan jenderal bintang empat tersebut meyakinkan wisata kuliner tidak akan membahayakan kesehatannya selama takarannya tidak berlebihan

"Tinggal takarannya, kalau saya 70 tahun keatas dibatasi takarannya, kemudian jangan banyak yang digoreng-goreng dan saya mengonsumsi obat-obatan untuk mencegah berlebihannya kolesterol Insyaallah aman," tambah SBY.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut mengatakan dirinya akan lebih sering ke Pacitan dalam beberapa bulan kedepan untuk memantau pembangunan museum SBY dan galeri seni Ani untuk mengenang mendiang istrinya, Ani Yudhoyono.

"Sekarang memasuki tahap akhir sehingga saya harus sering datang untuk memastikan bangunannya sesuai dengan rencana dan desain," ucap SBY.

Ia optimis, awal tahun 2023 museum tersebut bisa diresmikan dan dibuka untuk umum.

Sementara itu, Sugiri Sancoko menyambut baik dan merasa terhormat jika ke depan SBY sering mampir untuk wisata kuliner ke Bumi Reog.

"Benar benar beliau terpesona dengan kondangnya sate gule kambing. Ini sangat mendadak tahu-tahu (perjalanan dari Pacitan) sudah sampe Slahung untuk menikmati sate gule Bu Yuli," kata Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko.

Menurut Kang Giri, Ponorogo memang gudangnya kuliner, mulai dari garang asem, sate ayam, pecel, soto, dan tentu saja Sate Gule Kambing.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved