Pemilu 2024

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Malang Segera Bentuk Panwaslu Kelurahan dan Kecamatan

Pembentukan Panwascam ini akan dilakukan melalui perekrutan dan menyasar kepada masyarakat berkewarganegaraan Indonesia.

surya.co.id/rifky edgar
Bawaslu Kota Malang saat melakukan sosialisasi kepada lurah dan camat untuk pembentukan Panwaslu di tingkat Kecamatan dan Kelurahan 

SURYA.CO.ID, MALANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang segera membentuk Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tingkat Kecamatan dan Kelurahan (Panwascam) menjelang Pemilu 2024.

Pembentukan Panwascam ini akan dilakukan melalui perekrutan dan menyasar kepada masyarakat berkewarganegaraan Indonesia.

Kordiv SDM Organisasi Bawaslu Kota Malang, Erna Al Maghfiroh menyampaikan, perekrutan akan dilakukan dalam waktu dekat.

Prosesnya pun dilakukan melalui pendaftaran langsung ke Bawaslu Kota Malang, dan dilakukan sebelum Oktober 2022 mendatang.

"Yang jelas pelaksanaannya sebelum Oktober. Saat ini kami masih menunggu tanggal perekrutan ini dari atasan kami," ucapnya saat ditemui SURYA.co.id, Kamis (25/8/2022).

Dia menyampaikan, syarat utama masyarakat untuk menjadi Panwascam ini ialah berstatus sebagai WNI.

Kemudian, usia minimal 25 tahun dan pendidikan terakhirnya SMA.

Selanjutnya, ASN, TNI-POLRI tidak diperbolehkan menjadi Panwascam.

"Termasuk masyarakat yang aktif dalam partai tidak diperbolehkan. Asalkan, warga tersebut tidak masuk dalam kepartaian minimal lima tahun lamanya," terangnya.

Selain menjadi pengawas dalam pelaksanaan pemilu nanti, Panwaslu juga memiliki untuk penyelesaian sengketa proses cepat di tingkat kecamatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved