Berita Lamongan

Dorong Masyarakat Miliki Budaya Membaca, Pemkab Lamongan Pilih Putra-Putri Duta Baca

Pemilihan para Duta Baca Kabupaten Lamongan tersebut, dipungkasi dalam final di pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (24/8/2022).

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Para duta baca akan menjadi agen pendorong anak bangsa untuk gemar membaca di Lamongan, Rabu (24/8/2022. 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Budaya membaca merupakan kebiasaan membaca yang kemudian disukai sehingga menjadi kebutuhan. Dengan menempati angka 70,90 persen dalam Indeks Kegemaran Membaca (IKM), masyarakat Lamongan mendapatkan role model agar membudayakan gemar membaca dan literasi digital, dengan adanya para Duta Baca.

Pemilihan para Duta Baca Kabupaten Lamongan tersebut, dipungkasi dalam final di pendopo Lokatantra Lamongan, Rabu (24/8/2022). Nantinya mereka dapat menjadi inspirator, motivator, serta pendorong gerakan gemar membaca di Lamongan.

"Saya senang sekali dengan kegiatan pemilihan duta baca bagi masyarakat Lamongan, dan nanti para duta baca ini mempunyai tugas yang sangat penting. Yaitu bagaimana menjadi inspirasi, memotivasi sekaligus mendorong, agar masyarakat Lamongan ini gemar membaca," kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi pada sambutan Pemilihan Duta Baca Daerah.

Untuk menunjang itu, bupati yang disapa Kaji Yes itu berharap Lamongan dapat melengkapi fasilitas, agar perpustakaan menjadi tempat yang nyaman dan paling dicari oleh warga Lamongan.

"Dan perpustakaan di desa, di sekolah, di sudut baca, menjadi tempat yang dicari oleh warga. Dan anak anak kita bisa senang dan bergairah untuk membaca," ungkapnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah mengungkapkan, pemilihan duta baca dimaksudkan untuk meningkatkan budaya baca serta literasi digital di Kabupaten Lamongan.

"Selain itu, juga untuk memperkenalkan perpustakaan sebagai wacana, wahana, pembelajaran sepanjang hayat, dan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca masyarakat khususnya di Kabupaten Lamongan," ungkap Farah.

Farah membeberkan, sebelum dilaksanakan grand final di Pendopo Lokatantra, terdapat serangkaian tahapan dari masa pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi akademi, hingga wawancara di Aula Cendikia Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan.

Tahapan pemilihan duta baca ini terdiri dari pendaftaran yang sudah dilakukan pada 1-14 Juni 2022 lalu, di mana ada 107 peserta yang mendaftarkan diri. Begitu memasuki tahap seleksi administrasi tersaring menjadi 57 peserta.

"Setelah itu tersaring lagi menjadi 30 peserta pada seleksi akademi dasar dan berakhir menjadi 15 besar pada grand final," papar Farah.

Setelah melakukan prosesi penjurian grand final Selasa (23/8/2022) malam, Akhmad Gunawan Wibisono dinobatkan sebagai Juara 1 Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan, serta Puput Syifa Deviana sebagai runner-up, Mafryanda Safinaturrizqy Addiena Shafa juara 3, dan Dya Elsa Permata Sari sebagai duta favorit. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved