Berita Madiun

Wali Kota Madiun Ajak Pendekar Jaga Kondusivitas saat Peringatan 100 Tahun Terate Emas

Acara yang menjadi perhatian Maidi adalah tontonan yang menarik masyarakat umum seperti pagelaran wayang kulit dan pertunjukan Reog di Stadion Wilis

tribun jatim/sofyan arif candra
Wali Kota Madiun, Maidi Ditemui di GCIO Pemkot Madiun 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Wali Kota Madiun, Maidi tak melarang resepsi peringatan 100 tahun organisasi pencak silat Persaudaraan SH Terate atau Terate Emas digelar di Kota Madiun tanggal 2 September, asalkan berjalan aman dan kondusif.

Acara yang menjadi perhatian Maidi adalah tontonan yang menarik masyarakat umum seperti pagelaran wayang kulit dan pertunjukan Reog di Stadion Wilis.

Dari hasil beberapa kali rapat koordinasi, pagelaran Reog telah diputuskan akan digelar di Ponorogo.

"Peringatan Suroan selama ini berjalan cukup kondusif, cuma terakhir nanti kan ada wayangan ini juga harus berjalan dengan aman," kata Maidi ditemui di GCIO Kota Madiun, Senin (22/8/2022).

"Untuk reog dilaksanakan di Ponorogo, kita bagi-bagi keramaian," lanjutnya.

Dalam pengamanannya, Maidi akan melibatkan semua unsur baik TNI-POLRI, Satpol PP, Linmas, hingga petugas keamanan yang disediakan oleh pihak PSHT sendiri.

Orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut tidak ingin ada anggapan Suro merupakan bulan yang tidak aman khususnya di Kota Madiun.

"Kita sudah koordinasi dan evaluasi kekurangannya apa insyaallah semua aman. Kalau semua aman, ndredek Suro hilang dan bahagia suro datang," ucap Maidi.

Kepada semua pendekar di Kota Madiun ia mengajak untuk menunjukkan jati diri seorang pendekar yang sesungguhnya yang mempunyai sifat mengayomi.

"Kota Madiun tertutup untuk orang rusuh, kalau ada rombongan masuk ke Kota Madiun (dalam momentum terate emas) akan diperiksa," pungkasnya.

Seperti diketahui, Puncak acara Satu Abad Terate Emas dilaksanakan pada tanggal 2 September 2022.

Rangkaiannya, pada tanggal 1 September akan dilaksanakan kirab budaya Nusantara di Padepokan Luhur menuju Padepokan Agung Kota Madiun.

Pada hari yang sama juga akan dilaksanakan kenduri nasional 1 abad terate emas dan ritual memasukkan tanah dan air dari penjuru Nusantara.

Sedangkan di tanggal 2 akan ada penampilan pencak silat kolosal, festival budaya daerah di Graha Krida Budaya, Jalan Merak Kota Madiun.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved