Berita Ponorogo

Grebeg Tutup Suro Ponorogo akan Digelar Mulai Besok, Tak Digelar di Alun-alun Tapi di Lokasi Ini

Pelaksanaan Grebeg Tutup Suro ini tak diselenggarakan di Alun-alun Ponorogo melainkan di Monumen Bantarangin, Desa Somoroto, Kecamatan Kauman.

tribun jatim/sofyan arif candra
Tari Keling Merupakan Tari Asli Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo Turut Ditampilkan pada Gelar Budaya Daerah dalam Rangkaian Grebeg Suro 2022 dan Hari Jadi Ponorogo ke 526. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Gelaran Grebeg Suro Ponorogo tahun 2022 belum usai.

Sebagai acara pamungkas, Pemkab Ponorogo masih akan menyelenggarakan Grebeg Tutup Suro tahun 2022 mulai tanggal 23 - 28 Agustus 2022.

Berbeda sebelumnya, pelaksanaan Grebeg Tutup Suro ini tak diselenggarakan di Alun-alun Ponorogo melainkan di Monumen Bantarangin, Desa Somoroto, Kecamatan Kauman.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, mengatakan pemilihan tempat Grebeg Tutup Suro ini bukan tanpa alasan.

"Ada sejarah dan legenda di Bantarangin yang salah satunya adalah terjadinya Reog Ponorogo itu juga dari Bantarangin," kata Judha, Minggu (21/8/2022).

Selain itu, di Bantarangin juga ditemukan fragmen batu bata kuno yang diyakini masyarakat setempat bangunan dari kerajaan Bantarangin berada.

"Selain itu Grebeg Tutup Suro ini juga untuk menambahkan even di wilayah kulon kali (barat sungai) yang ke depannya kita juga akan kuatkan karena potensi even yang ada di kulon kali juga besar," lanjutnya.

Grebeg Tutup Suro ini, lanjut Judha juga bertujuan menumbuhkembangkan budaya pasca pandemi Covid-19 dan menggenjot perputaran roda perekonomian masyarakat Bumi Reog.

"Grebeg suro dan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Ponorogo ke 526 ini efeknya luar biasa baik itu untuk perekonomian maupun geliat kelestarian budaya," jelasnya.

Judha juga mengingatkan, Pemkab Ponorogo juga masih punya gawe yang tak kalah meriah yaitu Ambyar Award yang merupakan kerjasama dengan salah satu stasiun TV swasta.

Dalam agenda yang dilaksanakan pada 26 Agustus tersebut akan dimeriahkan sejumlah artis ternama, mulai dari Via Vallen, Happy Asmara, Jihan Audy, Tasya Rosmala, hingga penyanyi cilik yang sedang heboh dengan lagu 'Ojo Dibandingke' Farel Prayoga.

"Panggungnya akan menghadap ke selatan dengan background lantai 8 sehingga pada waktu live dan diambil gambarnya dari atas dengan drone tanpa kita kita menyebut di mana seluruh masyarakat tahu bahwa itu ada di Ponorogo," ucap Judha.

Berikut ini Jadwal Grebeg Tutup Suro Bantarangin:

1. Tanggal 23 Agustus: Kirab Lomba Umbul-umbul pukul 14.00 WIB dan Ritual Malam pukul 19.00 WIB

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved