Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Resmikan Bus Trans Jatim dengan Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik, Tarif Disubsidi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi melakukan launching Bus Trans Jatim di Terminal Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (19/8/2022).

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan operasional Bus Trans Jatim di Terminal Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (19/8/2022). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Bus Trans Jatim resmi beroperasi, setelah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan launching di Terminal Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (19/8/2022).

Dalam rangkaian peluncuran ini, tiga Kepala Daerah yang di kawasan Surabaya Raya dihadirkan. Yaitu Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan juga Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Saat peresmian ini, Gubernur Khofifah bersama tiga kepala daerah di Surabaya Raya menjajal langsung Bus Trans Jatim ini dengan berkeliling kawasan Terminal Porong.

Peresmian ini dilakukan secara khusus dilakukan di Sidoarjo, karena Terminal Porong menjadi ujung Koridor I Trans Jatim.

Untuk tahap pertama ini, Bus Trans Jatim akan beroperasi dari Terminal Porong-Terminal Purabaya Surabaya-Terminal Bunder Gresik.

Di tahap awal ini, ada sebanyak 22 armada bus yang akan beroperasi menempuh rute 74 kilometer Surabaya. Di sepanjang rute trase Bus Trans Jatim koridor I ini akan melewati 34 halte.

"Public Transportation memang menjadi PR bagi kita semua. Karena penduduk semakin banyak, namun pertambahan jalan relatif kecil. Maka Trans Jatim ini akan menjadi solusi mengurai kemacetan, mengurangi angka kecelakaan dan menjadi memperlancar mobilitas masyarakat," tegas Khofifah.

Tidak hanya itu, Bus Trans Jatim ini juga dikatakan Gubernur Khofifah akan menjadi pengungkit ekonomi. Sebab Surabaya, Sidoarjo dan juga Gresik adalah ring satu Jawa Timur yang mobilitas masyarakatnya sangat padat.

"Dengan Bus Trans Jatim ini, kami harapkan koneksi antara kekuatan ekonomi Jatim, khususnya di ring satu akan semakin baik. Dan harapannya akan juga membuat pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Jatim semakin meningkat," tegasnya.

Operasional bus Trans Jatim ini dipastikan menggunakan teknologi aplikasi. Mulai dari pembelian tiket yang bisa dilakukan dengan membayaran melalui aplikasi Trans Jatim Ajaib. Aplikasi itu bisa diunduh di PlayStore.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved