Berita Surabaya

Perusahaan Medis Jawa Timur PT Jayamas Medica Industri atau OneMed Dirikan Pabrik di Jawa Tengah

Perusahaan medis asal Jawa Timur yang memproduksi Alat Kesehatan, PT Jayamas Medica Industri (JMI) atau OneMed bakal berekspansi ke sejumlah daerah

Editor: Adrianus Adhi
SURYA.co.id/Adrianus Adhi
Presiden Komisaris PT Jayamas Medica Industri atau OneMed dr Jemmy Hartanto 

SURYA.co.id, Surabaya - Perusahaan medis asal Jawa Timur yang memproduksi Alat Kesehatan, PT Jayamas Medica Industri (JMI) atau OneMed bakal berekspansi ke sejumlah daerah di Indonesia, seiring perkembangan kebutuhan medis di Indonesia.

Sekedar diketahui, Onemed merupakan brand alat kesehatan asal Jawa Timur. Perusahaan ini pertama kali berdiri di Krian, Sidoarjo Jawa Timur pada 2002 dari yang awalnya 50 karyawan kini menjadi 1083 karyawan.

Produk perusahaan ini juga beragam, mulai yang awalnya membuat kantong urine, alat tes kehamilan, dan produk-produk antiseptik serta disinfektan kini telah berkembang ke berbagai produk kesehatan lainnya, seperti jarum suntik sekali pakai dengan jarum dan jarum suntik sekali pakai tanpa jarum, atau satu satunya produsen foley catheter di Indonesia.

Selama kurun waktu itu, pabrik OneMed juga terus berkembang. Mulai perluasan pabrik di Krian, Sidoarjo pada 2006 hingga menjadi seluas 8.000 meter persegi, lalu pendirian pabrik kedua di Mojoagung dengan total luas lahan 23.707 meter persegi dan juga mulai mengakumulasi land bank di Lamongan, Jatim, untuk mengantisipasi ekspansi perseroan di masa mendatang.

Selanjutnya, pada 2021, Jayamas Medica Industri mengakuisisi land bank di Mojoagung untuk Pabrik Mojoagung II dan Wonosalam serta menyelesaikan akumulasi lahan untuk land bank di Lamongan.

"Melalui perjalanan panjang dalam mengembangkan sejumlah fasilitas, Jayamas Medica Industri kini sudah memiliki sedikitnya 3.200 stock keeeping unit (SKU) aktif yang ada di enam kategori [per 31 Maret 2022]," kata pendiri sekaligus Presiden Komisaris JMI dr. Jemmy Hartanto, Kamis (18/8/2022).

Perusahaan ini juga berhasil mengantongi sertifikasi ISO 13485 untuk Sistem Manajemen Mutu untuk Alat Kesehatan dan menerima sertifikasi Cara Pembuatan dan Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB) dari Kementerian Kesehatan RI pada 2013.

Berikutnya, Jayamas Medica Industri telah menerima kualifikasi ISO 9001 tentang Sistem Manajemen Mutu sejak 2005 hingga sekarang.

Jayamas Medica Industri juga tercatat sebagai produsen alat-alat kesehatan habis pakai buatan anak bangsa terbanyak di Tanah Air dengan 493 produk asli Indonesia atau 4,87 persen dari total 10.109 alat kesehatan yang terdaftar di Kementerian Kesehatan.

"Kami sangat mendukung upaya pemerintah dalam mendorong produk-produk manufaktur lokal, melalui kebijakan tingkat komponen dalam negeri [TKDN], demi membangun kemandirian produk farmasi dan alat kesehatan," tambah Jemmy.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved