3 Dosen FH UPN Jatim Gandeng TBM RW 2 Pradah Kali Kendal Gelar Kegiatan Penulisan Kreatif Anak

Tiga dosen Fakultas Hukum (FH) UPN Veteran Jawa Timur gandeng Taman Baca Masyarakat RW 2 Pradah Kali Kendal gelar penulisan kreatif untuk anak. 

Penulis: Arum Puspita | Editor: Iksan Fauzi
DOK FH UPN JATIM
Dokumentasi 3 dosen FH UPN Jatim Gandeng TBM RW 2 Pradah Kali Kendal gelar kegiatan penulisan kreatif anak 

SURYA.CO.ID - Tiga dosen Fakultas Hukum (FH) UPN Veteran Jawa Timur, Adelia Savitri, Zuhda Mila Fitriana, dan Eka Nanda Ravizki, gandeng Taman Baca Masyarakat RW 2 Pradah Kali Kendal gelar penulisan kreatif untuk anak. 

Penulisan kreatif ini merupakan program pengabdian masyarakat sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Kegiatan penulisan kreatif bertema cinta budaya Indonesia melalui aplikasi Storial.co ini sekaligus memperingati HUT RI ke-77.

Bukan hanya itu, tujuan lain kegiatan ini yakni untuk mengimplementasikan nilai-nilai bela negara kepada anak-anak sejak usia dini. 

Selanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan literasi di Surabaya dan mendukung visi Surabaya sebagai Kota Literasi.

Adapun sasaran kegiatan penulisan kreatif ini, adalah adalah anak-anak di sekitar TBM RW 2 Pradah Kali Kendal Surabaya dari jenjang SD hingga SMP. 

Kegiatan diselenggarakan setiap akhir pekan ini dimulai pada pertengahan Juli hingga Agustus 2022 secara daring (online) dan luring (offline).

Bersama dua mahasiswa, Rafi Great dan Syaifulloh Umar Said, ketiga dosen FH UPN Jatim memberikan materi mengenai pengenalan cinta budaya Indonesia sebagai bagian dari bela negara.

Selanjutnya, tim pengabdian mengajarkan pada anak-anak untuk menulis secara bertahap.

Mulai menentukan topik cerita, membuat kerangka karangan, dan mengembangkan cerita.

Cerita anak yang telah dihasilkan kemudian diunggah ke aplikasi Storial.co.

Aplikasi ini digunakan agar anak-anak dapat mengakses cerita teman-teman lainnya dan dapat mempublikasikan karya mereka secara luas melalui laman Storial.co.

Selain itu, kumpulan cerita anak tersebut juga dibukukan salam sebuah antologi dan akan disumbangkan pada TBM RW 2 Pradah Kali Kendal Surabaya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved