Grahadi

Pemprov Jatim

Sambut HUT RI Ke-77, Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Haluan Negara Sebagai Panduan Pembangunan

Menyambut HUT RI ke-77, Gubernur Khofifah menyebut bahwa pokok-pokok haluan negara sangat penting untuk dijadikan sebagai panduan pembangunan

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa/Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur, Selasa (16/8/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut, bahwa keberadaan pokok-pokok haluan negara sangat penting untuk dijadikan sebagai panduan pembangunan.

Hal itu ia sampaikan usai mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Kantor DPRD Provinsi Jawa Timur, Selasa (16/8/2022).

Menurut Gubernur Khofifah, pokok-pokok haluan negara penting adanya di tengah kondisi global yang saat ini dilanda ketidakpastian serta ancaman dari kondisi geopolitik dan geostrategis dunia.

Juga adanya ancaman krisis pangan, krisis energi serta krisis keuangan yang dihadapi berbagai negara di dunia saat ini.

Untuk itu, Khofifah menyampaikan perlunya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki pokok-pokok haluan negara seperti yang disampaikan oleh ketua MPR RI dan DPR RI saat sambutan pada sidang paripurna hari ini.

Karena, menurutnya adanya pokok-pokok haluan negara bisa menjadi panduan pembangunan bangsa baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang. Ketika memiliki sebuah pedoman maka arah pembangunan bangsa secara nasional akan lebih jelas.

"Untuk mencapai tujuan pembangunan bangsa, di tengah dinamika geopolitik dan geostrategis dunia, Bangsa Indonesia membutuhkan pokok-pokok haluan negara," kata Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah menjelaskan, pokok-pokok haluan negara ini akan menjadi acuan yang harus dipedomani setiap pemimpin di negeri ini. Baik Presiden maupun kepala daerah yang terpilih.

Dengan begitu, akan ada sinergi dan kesinambungan yang terarah untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan bangsa demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

"Maka kembali penting bagi bangsa Indonesia memiliki pokok-pokok haluan negara sebagai arah pembangunan bangsa dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia seperti dulu kita dipandu dalam Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)," ucapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved