Berita Banyuwangi

Para Pelajar Teteskan Air Mata, Pengukuhan Paskibraka Banyuwangi Berjalan Khidmat

Seluruh peserta yang dikukuhkan tampak larut dalam upacara yang digelar di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Minggu malam (14/8/2022).

Penulis: Haorrahman | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Banyuwangi
Upacara pengukuhan Paskibraka, di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Minggu (14/8/2022) malam. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Suasana khidmat terasa saat Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengukuhkan 69 pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), yang akan bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022 mendatang.

Seluruh peserta yang dikukuhkan tampak larut dalam upacara yang digelar di Pendopo Sabha Swagatha Blambangan, Minggu malam (14/8/2022).

Terutama saat mereka mengucapkan ikrar dan melakukan prosesi mencium Sang Saka Merah Putih sembari diiringi lagi “Padamu Negeri”. Tak sedikit yang terlihat berkaca-kaca.

Salsabila Anisa, salah satunya. Siswi SMAN 1 Giri Taruna Bangsa Banyuwangi ini bahkan terlihat menitikkan air mata.

"Ini kebanggaan sekaligus kehormatan bagi saya bisa terpilih sebagai paskibraka. Ini cita-cita saya sejak SD," ujarnya usai dikukuhkan.

Usai prosesi pengukuhan, Bupati Ipuk memberikan selamat kepada para anggota Paskibraka 2022.

"Selamat anak-anakku. Kalian adalah anak-anak muda yang hebat. Masa depan masih panjang. Jangan berpuas diri terpilih sebagai paskibraka. Belajar, ikut organisasi, perluas relasi, selalu berbakti kepada orang tua, rajin sedekah, itu kunci yang harus kita pegang," ujar Ipuk.

Ipuk mengatakan, mendapat kepercayaan mengibarkan bendera Merah Putih adalah kebanggaan yang tidak semua orang bisa mendapatkan.

Ipuk pun berpesan agar semangat nasionalisme, patriotisme, dan jiwa kepemimpinan yang terbentuk selama masa penempaan tidak hanya berhenti pada momentum peringatan HUT RI, namun harus terus diimplementasikan dalam kehidupan.

"Kalian bisa menjadi energi positif dan menjadi contoh yang baik bagi generasi muda lainnya," papar Ipuk.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved