Berita Lifestyle

Di Kota Pasuruan, Komunitas Isi Piringku Edukasi Kesehatan, Gizi Hingga Pola Asuh Anak

Kali ini program Komunitas Isi Piringku tentang edukasi nutrisi diluncurkan di Kota Pasuruan Jawa Timur.

Penulis: Wiwit Purwanto | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Komunitas Isi Piringku
Komunitas Isi Piringku memberikan edukasi kepada para Ibu, orang tua, dengan memperkuat pemahaman gizi seimbang di masyarakat sebagai salah satu upaya pencegahan stunting 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Komitmen edukasi nutrisi kembali digaungkan Komunitas Isi Piringku.

Kali ini program Komunitas Isi Piringku diluncurkan di Kota Pasuruan Jawa Timur.

Sebelumnya program Komunitas Isi Piringku ini diluncurkan di 3 kota di Jawa Tengah.

Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya edukasi kesehatan, gizi, dan pola asuh selama periode tumbuh kembang anak.

“Isi Piringku juga akan memberikan edukasi kepada para Ibu, orang tua, dengan memperkuat pemahaman gizi seimbang di masyarakat sebagai salah satu upaya pencegahan stunting,” kata Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo, pada kegiatan yang dilakukan secara daring dari Aula di 4 kabupaten/ kota juga secara luring di Gedung Gradika Pasuruan, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, Danone Indonesia dengan visi One Planet One Health, baik melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika maupun PT Tirta Investama berupaya berkontribusi memutus mata rantai stunting dengan edukasi gizi seimbang dan kesehatan.

“Upaya ini merupakan bentuk dukungan terhadap program Pemerintah untuk pencegahan stunting dan promosi gaya hidup sehat kepada Komunitas Ibu dan PKK, hal ini sejalan dengan tema Hari Anak Nasional 2022, yaitu Anak Terlindungi, Indonesia Maju,” papar Karyanto

Pada kesempatan yang sama, Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, mengatakan salah satu cara untuk menanggulanginya adalah melakukan monitoring kesehatan dan perkembangan balita melalui Komunitas Ibu dan PKK, yang merupakan program Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM).

“Peran Komunitas Ibu dan PKK di tengah masyarakat sangatlah besar. Banyak program yang diperuntukkan bagi pasangan usia subur, ibu hamil, ibu menyusui,dan anak,” tukasnya.

Saat ini dengan kemajuan teknologi, semua informasi bisa diakses dan dipelajari.

Karena selama ini selain faktor ekonomi, stunting juga bisa terjadi karena faktor ketidaktahuan atau keterbatasan informasi.

“Edukasi semacam ini ditambah intervensi gizi yang masif akan bisa efektif menjadi bagian aksi pencegahan stunting,” tambahnya.

Dalam pelaksanaannya, Danone Indonesia bekerjasama dengan NGO SPEKTRA melaksanakan Program Komunitas Isi Piringku di Jawa Timur yaitu Kota Pasuruan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Blitar.

Program Isi Piringku dikembangkan Danone Indonesia bersama Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB sejak 2017, berupa modul pembelajaran sebagai panduan edukasi gizi yang dapat digunakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau TK (4-6 tahun).

Isi Piringku adalah panduan sekali makan dengan asupan nutrisi yang berimbang.

Panduan ini pula yang saat ini menggantikan kampanye 4 sehat 5 sempurna yang sudah tidak digunakan lagi.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved