Grahadi

Pemprov Jatim

Bantuan Mesin dari Dinas Kehutanan Jatim Sukses Dorong Hilirisasi Porang Jadi Es Krim dan Bakso

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) serius dalam mengembangkan komoditas porang dari hulu hingga hilir.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Jumadi mencicipi es krim dan bakso porang olahan Jais, petani porang asal Kabupaten Malang, saat pembukaan InAGRO Expo and Business Forum 2022 di Grand City Surabaya, Kamis (11/8/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) serius dalam mengembangkan komoditas porang dari hulu hingga hilir.

Hilirisasi komoditas porang kini terus didorong agar petani tidak lagi hanya menjual dalam bentuk umbi porang, melainkan diolah lebih dulu sehingga bisa meningkatkan nilai jual.

Untuk mendukung pengolahan porang, Pemprov Jatim melalui Dinas Kehutanan Jatim memberikan banyak bantuan berupa peralatan pengolahan porang yang lengkap.

Mulai dari mesin slicer (perajang), oven, mesin penggiling pembuat tepung porang, hingga penghilang asam oksalat agar bahan pangan olahan pangan tidak lagi gatal ketika dikonsumsi.

Manfaat bantuan pengolahan porang itu benar-benar dirasakan oleh Jais, koordinator Kelompok Tani Hutan (KTH) Ala Makmur dari Desa Rejosari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

“Kami mendapatkan bantuan lengkap terutama alat-alat pengolah porang. Alat tersebut sangat membantu sehingga kami bisa berkresasi membuat bahan pangan beraneka ragam,” kata Jais, saat ditemui di pembukaan InAGRO Expo & Business Forum 2022 di Grand City Surabaya, Kamis (11/8/2022).

Dalam expo kali ini, Jais memamerkan produk olahan porang andalannya. Mulai dari es krim porang hingga bakso porang.

Produknya menarik banyak perhatian pengunjung untuk mencicipi. Tak tercekuali Lauren Adam, Deputy Consul-General serta Trade and Investment Commissioner Australia.

Lauren bahkan mengapresiasi es krim porang dan bakso milik Jais. Menurutnya produk tersebut enak dan sehat. Karena memiliki banyak keuntungan, seperti kalori rendah dan rendah gula.

Tak hanya itu ia juga memuji rasa es krimnya karena ada buah segar yaitu buah nangka yag membuat rasa es menjadi bertambah segar dan rasanya enak.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved