Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Agustus 2022 Lengkap Niat dan Keutamaan

Jadwal Puasa Ayyamul Agustus 2022 lengkap niat dan keutamaan. Ayyamul Bidh merupakan ibadah puasa sunnah tanggal 13,14,15 setiap bulan Hijriyah.

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Iksan Fauzi
SURYA.CO.ID
Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022 lengkap niat dan keutamaan 

SURYA.CO.ID - Berikut jadwal Puasa Ayyamul Agustus 2022 lengkap niat dan keutamaan. Ayyamul Bidh merupakan ibadah puasa sunnah tanggal 13, 14, 15 setiap bulan Hijriyah.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022 merupakan Puasa Ayyamul Bidh Bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender 1444 Hijriyah.

Mengacu keputusan Kemenag RI, berikut Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2022 selengkapnya:

  1. Puasa Ayyamul Bidh Hari Ke-1 Kamis, 11 Agustus 2022 M (13 Muharram 1444 H)
  2. Puasa Ayyamul Bidh Hari Ke-2 Jumat, 12 Agustus 2022 (14 Muharram 1444 H)
  3. Puasa Ayyamul Bidh Hari Ke-3 Sabtu, 13 Agustus 2022 (15 Muharram 1444 H).

Niat

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaytu shauma ayyamil bidl lillaahi ta’aalaa.

Artinya:
“Saya niat puasa Ayyamul Bidl (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’ala.” 

Keutamaan

Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Muharram memiliki keutamaan dan manfaat istimewa. Sebab menurut hadist Nabi, puasa di Bulan Muharram merupakan puasa utama setelah Puasa Ramadan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda, “Sebaik-baik puasa/shaum setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda, “Sebaik-baik puasa/shaum setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Sementara keutamaan mengerjakan Puasa Ayyamul Bidh tiga hari menurut hadist, mendapat pahala serupa puasa sepanjang tahun.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR Bukhari nomor 1979).

Ustadz Abdul Somad (UAS) melalui tayangan Youtube Ilmu Berguna, menjelaskan bahwa Ayyamul Bidh berasal dari kata "Ayyam" artinya hari dan "Bidh" artinya putih.

"Kenapa disebut hari putih, karena saat itu bulan sedang terang benderang menyinari bumi yang hitam, seolah-olah dia menjadi putih karena putihnya cahaya terang benderang," terang Ustadz Abdul Somad.

"Maka begitu juga kita manusia yang banyak khilaf, salah, dosa, hitam dengan maksiat ini, ingin putih seputih cahaya, maka berpuasalah pada hari ke-13, 14, 15," jelas UAS.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved