Grahadi

Pemprov Jatim

Pemprov Jatim Kembali Kirim Santri Ponpes Kuliah Gratis di Al Azhar Mesir, Kuota 30 Mahasiswa

Pemprov Jatim kembali memberangkatkan santri pondok pesantren di Jatim untuk kuliah ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir dengan beasiswa penuh

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Sebanyak 59 peserta calon mahasiswa diseleksi dalam ujian tahap II Seleksi Kompetensi Bahasa Arab calon mahasiswa penerima beasiswa Pemprov Jatim di Gedung Islamic Center Surabaya, Selasa (9/8/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dipastikan akan kembali memberangkatkan santri pondok pesantren (ponpes) di Jatim untuk kuliah ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir dengan beasiswa penuh.

Untuk itu, hari Selasa (9/8/2022) ini, sebanyak 59 peserta calon mahasiswa penerima beasiswa dari Pemprov Jatim dalam ujian tahap II Seleksi Kompetensi Bahasa Arab di Gedung Islamic Center Surabaya.

Tak tanggung-tanggung, mereka diseleksi langsung oleh Tim Penguji dari Universitas Al Azhar Kairo. Seleksi ini yang diselenggarakan di bawah Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah (LPPD) Pemprov Jatim.

Dalam penjelasannya, Ketua LPPD Provinsi Jawa Timur, Abdul Halim Soebahar mengatakan bahwa ujian ini merupakan seleksi lanjutan dari tahap sebelumnya yang diikuti sekitar 140 peserta.

"Jadi seleksi tahap pertama sudah diselenggarakan, nah ini seleksi lanjutan yang dilakukan berdasarkan perangkingan didapatkan 60 peserta terbaik," tegasnya.

Sebanyak 60 peserta tersebut berhak mengikuti ujian tahap berikutnya yang diuji langsung oleh Tim dari Al Azhar. Dari seleksi tahap dua ini, akan kembali dilakukan perangkingan dan diambil sebanyak 30 peserta terbaik.

Sebanyak 30 peserta terpilih inilah yang akan menjadi mahasiswa penerima Beasiswa Pemprov Jatim untuk studi Strata Satu di Universitas Al Azhar Kairo di Mesir.

"Kebetulan hari ini terdapat satu peserta absen, jadi pesertanya tinggal 59 orang. Seleksi ini tahap akhir, karena dari sini nanti langsung diambil 30 peserta terbaik yang mendapatkan beasiswa kuliah di Al Azhar," katanya.

Di sisi lain, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Setdaprov Jatim, Gatot Soebroto dalam sambutannya menyampaikan beberapa arahan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pasalnya, program ini merupakan tahun ke dua, setelah sebelumnya Pemprov Jatim juga telah memberangkatkan sebanyak 30 santri ponpes di Jatim untuk kuliah gratis di Al Azhar.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved