Berita Kediri

Operator Teknologi Informasi dan Komunikasi Kota Kediri Ikuti Monitoring dan Evaluasi

Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kediri mengundang 46 operator Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelurahan dan 3 operator TIK kecamatan

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/didik mashudi
Operator Teknologi Informasi dan Komunikasi kelurahan dan kecamatan mengikuti monitoring dan evaluasi di Ruang Kilisuci Balai Kota Kediri, Selasa (9/8/2022). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Kediri mengundang 46 operator Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kelurahan dan 3 operator TIK kecamatan melakukan monitoring dan evaluasi (monev).

Kepala Diskominfo Kota Kediri, Apip Permana menyampaikan, untuk evaluasi tenaga operator TIK, Diskominfo telah berkoordinasi dengan lurah dan camat untuk mendapatkan penilaian kinerja saat bertugas di kelurahan atau kecamatan.

"Selama ditugaskan di kelurahan atau kecamatan yang mengetahui kinerja, kedisiplinan dan hasil pekerjaan operator TIK pastinya orang-orang di kelurahan dan kecamatan, termasuk pak lurah dan pak camat," ujar Apip Permana, Selasa (9/8/2022).

Sehingga lurah dan camat juga berhak dan berkewajiban untuk memberikan penilaian.

"Apakah sudah puas dengan kinerja operator TIK atau ada yang perlu ditingkatkan lagi," jelasnya.

Apip mengungkapkan, dari hasil penilaian lurah dan camat, hingga saat ini kinerja operator TIK sudah cukup bagus.

"Rata-rata penilaian dari lurah dan camat sudah di atas angka 90. Memang ada sedikit yang harus ditingkatkan, seperti kedisiplinan tapi saya yakin setelah monev ini operator TIK dapat segera berbenah diri," ungkapnya.

Apip menuturkan, evaluasi kinerja berdasarkan kompetensi teknis juga menjadi hal utama pada evaluasi kinerja operator TIK.

"Sebelum terpilih menjadi operator TIK, mereka telah melakukan tes dan ujian kompentesi. Ilmu dan kompetensi mereka harus selalu diasah," ujarnya.

Sementara untuk mengasah kemampuan operator TIK, Diskominfo Kota Kediri memberikan bimbingan teknis agar dapat membantu operator TIK melaksanakan tugas-tugasnya dalam mendorong pelayanan publik di kelurahan dan kecamatan.

Beberapa tugas operator TIK mulai dari menjadi operator teknis aplikasi layanan publik, pendukung teknis infrastruktur TIK, agen desiminasi informasi TIK serta menjadi agen tata kelola TIK di lingkungan birokrasi layanan publik.

"Semua tugas harus mereka laksanakan dengan maksimal dan penuh tanggung jawab. Bimtek yang diberikan Diskominfo setiap monev akan membantu dalam memaksimalkan kinerja," terangnya.

Disampaikan, operator TIK dapat mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan selama menjalankan tugas.

"Saya harap mereka mau terus belajar agar kemampuan teknis yang mereka miliki dapat meningkat. Saya berpesan agar semua operator TIK dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, selalu siap membantu dan tetap disiplin," jelasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved