Berita Surabaya

Nama 5 Orang Penyelenggara Pemilu di Jatim Dicatut Sebagai Kader Parpol, Ini yang Diungkap KPU

Sejumlah nama dan NIK penyelenggara pemilu di daerah dicatut sebagai kader dalam data parpol yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Sebelumnya, KPU RI mengumumkan bahwa nama dan NIK sejumlah penyelenggara pemilu di daerah dicatut sebagai kader dalam data parpol (partai politik) yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Sementara, KPU Jatim menyebut, terdapat nama 5 orang penyelenggara Pemilu di daerah yang diduga dicatut sebagai anggota parpol dan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Rinciannya, dua orang anggota KPU Kabupaten/kota serta 3 orang staf.

"Jadi, jumlah penyelenggara pemilu di lingkungan KPU Jatim yang namanya dimasukkan dalam SIPOL mencapai 5 orang," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan saat dikonfirmasi SURYA.CO.ID pada Jumat (5/8/2022).

Insan memastikan, kelima orang tersebut telah membuat laporan ke KPU RI dan menegaskan bukan merupakan anggota partai politik.

"Yang bersangkutan telah membuat laporan ke KPU RI dan menyatakan ketidakbenaran keanggotaan parpol yang bersangkutan," tegas Insan.

Lebih lanjut, Insan menyebut, masyarakat juga dapat mengecek apakah juga terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak. Sebab, seiring dimulainya pendaftaran parpol, telah diluncurkan fitur khusus di website KPU.

Untuk mengecek apakah terdaftar sebagai anggota parpol, masyarakat dapat memanfaatkan laman https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik

Jika ternyata, ternyata tercantum namun merasa bukan anggota parpol, juga bisa melakukan pengaduan. Yakni, di laman https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan

"Masyarakat tidak perlu harus datang ke kantor KPU untuk melapor, bila dirinya ternyata masuk sebagai anggota partai politik, padahal merasa tidak," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved