Berita Nganjuk

Turunkan Angka Stunting Kabupaten Nganjuk, Pemkab Maksimalkan Peran Posyandu di Desa

Monitoring pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) secara bertahap terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/ahmad amru muis
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi didampingi Wakil Ketua TP I PKK Kabupaten Nganjuk, Hj Sri Wahyuni Marhaen Djumadi menyerahkan bantuan vitamin dan makanan tambahan bagi sejumlah ibu hamil di Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Monitoring pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) secara bertahap terus dilakukan Pemerintah Daerah bersama TP PKK Kabupaten Nganjuk.

Hal itu dilakukan untuk mewujudkan kesehatan berbasis masyarakat dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Nganuk yang kali ini dilakukan di Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan, dalam monitoring bias, peran Posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar.

Yakni menjadi garda terdepan dalam melakukan monitoring kesehatan dan perkembangan balita untuk mencegah terjadinya stunting.

Selain itu, jelas Marhaen Djumadi, kegiatan monitoring Posyandu merupakan salah satu dukungan untuk masyarakat Kabupaten Nganjuk dalam mewujudkan dan mengimplementasikan Nganjuk menjadi Kabupaten Sehat.

"Dan ini juga merupakan salah satu visi misi pemerintah daerah, yakni menjadikan masyarakat Nganjuk yang sehat," kata Marhaen Djumadi didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Sri Wahyuni Marhaen Djumadi di Desa Kampungbaru Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, Jumat (5/8/2022).

Dijelaskan Marhaen Djumadi, melalui kegiatan posyandu tersebut menjadi komitmen bersama dalam menurunkan dan mencegah masalah stunting di Kabupaten Nganjuk.

Di mana ditargetkan pada tahun 2024 mendatang angka stunting bisa turun 14 persen di Kabupaten Nganjuk.

Oleh karena itu, tambah Marhaen Djumadi, digelarnya monitoring Posyandu sekaligus peresmian Posyandu Remaja tersebut menjadi bukti kalau Posyandu sekarang ini menjadi salah satu langkah strategis dalam memberdayakan masyarakat.

Di mana selain menjadi tempat pelayanan kesehatan di tingkat desa, posyandu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan.

"Maka dari itu, keberadaan Posyandu sangat tepat untuk mendukung program-program prioritas Pemkab Nganjuk, salah satunya yakni mewujudkan Kabupaten Nganjuk menjadi Kabupaten Sehat," tandas Marhaen Djumadi yang juga didampingi Kades Kampungbaru, Susilo Dwi Prasetyo.

Dan melalui Posyandu yang lebih dimaksimalkan perannya, tambah Marhaen Djumadi, juga sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Nganjuk lainnya yakni Mbangun Deso Noto Kutho.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa untuk bersinergi dalam mewujudkan dan mensukseskan program program pemerintah daerah.

"Mari saatnya Nganjuk Bangkit. Ayo bersama-sama jaga Nganjuk, Nganjuk milik kita bersama," tutur Marhaen Djumadi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved