Penistaan Agama

Akhirnya Roy Suryo Ditahan Kasus Penistaan Agama Setelah Ngakak Bareng Eks Wakapolri Saat Touring

Setelah tepergok ngakak alias tertawa lepas saat kumpul komunitas touring bareng eks Wakapolri, Roy Suryo dijebloskan ke penjara Polda Metro Jaya.

Editor: Iksan Fauzi
Tangkapan layar
Setelah ngakak bareng eks Wakapolri saat touring komunitas mobil, akhirnya Roy Suryo ditahan selama 20 hari ke depan untuk kepentingan pemeriksaan kasus dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian. 

SURYA.co.id - Setelah tepergok ngakak alias tertawa lepas saat kumpul komunitas Mercedes Benz SL Club (MBSL) Indonesia bareng eks Wakapolri Komjen (purn) Nanan Soekarna, Roy Suryo dijebloskan ke penjara.

Roy Suryo akan mendekam di tahanan Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan untuk kepentingan penyidikan mulai malam ini, Jumat (5/8/2022).

Dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Kabid Humas Kombes Endra Zulpan mengatakan, Roy Suryo ditahan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian.

Menurut Zulpan, Roy Suryo menjadi tersangka dugaan penistaan agama atas laporan Kurniawan Santoso dan ditangani tim siber.

"Hasilnya Roy Suryo menyebarkan ujaran kebencian melalui media elektronik atau permusuhan atau kelompok yang mengandung SARA dan atau penistaan agama," kata Zulpan.

Adapun langkah yang telah dilakukan,penyidik adalah memeriksa 13 saksi. Di antaranya, saksi ahli bahasa, saksi ahli agama, saksi ahli media sosial, saksi ahli sosiologi hukum, saksi ahli pidana, dan saksi ahli ITE.

"Di samping para saksi ahli itu, kita juga memeriksa saksi lain yang mengetahui unggahan Roy Suryo. Dimana unggahan itu mengandung unsur SARA, ujaran kebencian," katanya.

Zulpan menjelaskan, dari tahap penyidikan, Roy Suryo sudah beberapakali diperiksa.

Kemudian penetapan sebagai tersangka sudah dilakukan.

Namun, di akhir pemeriksaan pekan lalu, Roy Suryo tidak ditahan dengan alasan pertimbangan penyidik dan alasan kesehatan dari kuasa hukumnya.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved