Berita Olahraga

Atlet Surabaya Sumbang Emas di ASEAN Para Games 2022 Dapat Beasiswa Unesa

Firza Faturahman Listianto tampil gemilang saat turun di ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo. Atlet atletik asal Surabaya sumbang emas

Penulis: Zainal Arif | Editor: Fatkhul Alami
Istimewa untuk Surya.co.id
Firza Faturahman Listianto, atlet asal Surabaya ketika tampil di ajang ASEAN Para Games 2022, Senin (1/8/2022). Ia berhasil meraih satu medali emas dalam cabang olahraga (cabor) atletik 

 

SURYA.co.id | SURABAYA - Firza Faturahman Listianto tampil gemilang saat turun di ajang ASEAN Para Games 2022 di Solo. Atlet atletik asal Surabaya itu mampu membanggakan Indonesia dengan sumbangan emdali emas.

Firza Faturahman Listianto berhasil meraih satu medali emas dalam cabang olahraga (cabor) atletik, pada Senin (1/8/2022).

Dilansir dari laman resmi ASEAN Para Games hingga pukul 20.20 WIB Selasa (2/8/2022) kontingen Indonesia masih memuncaki klasemen perolehan medali.

Indonesia berada di posisi puncak klasemen perolehan medali ASEAN Para Games dengan torehan 31 medali emas, 22 perak, dan 16 perunggu.

Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI), Dwi Cahyo Kartiko mengatakan, penambahan medali dari Firza Faturahman Listianto tersebut memperkuat posisi kontingen Indonesia di puncak klasemen.

Meski awalnya tidak diunggulkan meraih medali emas karena tidak termasuk elit atlet, nyatanya Firza berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Firza tidak ada di lintasan terbaik atau berada di lintasan delapan. Namun dia tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara,” ujar Dwi Cahyo.

Perlu diketahui, Firza yang saat ini tengah duduk di bangku kelas XII SMA sebelumnya juga sudah kerap meraih mendali diberbagai kompetisi olahraga.

Misalnya saja pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional 2019, atlet berusia 18 tahun itu berhasil meraih tiga medali emas.

Kemudian menyabet perunggu cabor atletik nomor lari 200 meter pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021. Lalu mendapat medali perak di Dubai.

Berkat segudang prestasi yang ditorehkan oleh Firza selama menjadi atlet, Rektor UNESA Prof Dr Nurhasan M Kes tergerak untuk memberikan beasiswa kuliah S-1 hingga selesai di UNESA.

“Sebagai kampus yang ramah disabilitas dan komitmen dalam memajukan olahraga Indonesia, kami memberikan apresiasi khusus kepada Firza berupa beasiswa kuliah gratis S-1 sampai lulus,” tegas Cak Hasan di UNESA kepada SURYA.co.id, Rabu (3/8/2022).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved