Berita Ponorogo

Grebeg Suro Ponorogo 2022 Dilanjutkan dengan Festival Santri, Ini Kata Bupati Sugiri Sancoko

Usai menggelar Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XVII dan Festival Reog Mini kini Pemkab Ponorogo menggelar festival santri.

tribun jatim/sofyan arif
Festival Santri dalam Rangkaian Grebeg Suro Ponorogo tahun 2022. 

SURYA.CO.ID, PONOROGO - Rangkaian Grebeg Suro Ponorogo 2022 terus berlanjut.

Usai menggelar Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) XVII dan Festival Reog Mini kini Pemkab Ponorogo menggelar festival santri.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menghadiri langsung hari pertama Festival santri yang dilaksanakan di Alun-alun Ponorogo, Senin (1/8/2022).

Pada hari pertama, festival santri menyelenggarakan bincang-bincang Rehabilitasi Hutan dan Lahan dengan menghadirkan Ketua Perempuan Tani HKTI Jatim, Lia Istifhama serta Cabang Dinas Kehutanan Pacitan - Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Lalu pada hari kedua pada Selasa (2/8/2022) akan menyelenggarakan festival 526 penabuh rebana atau banjari dari pondok pesantren se-Ponorogo.

Baca juga: Budayawan Ponorogo Sunarso : Sejarah Kirab dan Jamasan Pusaka yang Dilakukan Setiap 1 Suro

Selain itu akan ada pentas Ketoprak Santri Batoro Katong Winisudha pada Rabu (3/8/2022), dan Seni Teater Santri pada Kamis (4/8/2022).

Terakhir Festival Santri yang juga untuk memeriahkan momentum tahun baru Islam 1444 H ini akan menghadirkan Cak Sodiq dan Eny Sagita dalam Gebyar Musik Religi, pada Jumat (5/8/2022).

Yang tak kalah penting, selama gelaran Festival Santri sejumlah produk UMKM utamanya dari para santri dipajang di Arena Grebeg Suro Ponorogo.

Ditemui usai acara, Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko mengatakan gelaran Grebeg Suro merupakan cerminan dari Ponorogo yang lahir dari rahim budaya dan santri.

Setelah dipuaskan dengan pertunjukan reog di FNRP XXVII dan Festival Reog Mini, kali ini masyarakat Bumi Reog akan mendapatkan suguhan berbeda dari Festival Santri.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved