Grahadi

Pemprov Jatim

Gubernur Khofifah Pastikan Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat di Jatim Sudah Dimulai untuk Nakes

Gubernur Khofifah memastikan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk dosis keempat telah dimulai di Jatim untuk sasaran tenaga kesehatan.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
Istimewa
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk dosis keempat telah dimulai di Jatim untuk sasaran tenaga kesehatan.

Vaksinasi booster kedua tersebut dilakukan di masing-masing fasyankes di kabupaten/kota menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen P2P Kemenkes, terkait pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat atau booster kedua bagi nakes.

"Vaksin dosis empat sudah dimulai di Jatim hanya untuk nakes ya. Kita ada stok vaksin 600 ribu, tapi suplainya berkelanjutan dikirim oleh Kemenkes, jadi ini baru untuk nakes," tegas Gubernur Khofifah, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, pemberian booster kedua menjadi hal yang penting dan harus dilakukan. Sebab vaksinasi merupakan salah satu solusi yang sangat efektif dalam mengatasi penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut mantan Menteri Sosial RI tersebut juga berharap, adanya vaksinasi booster kedua bagi nakes tersebut nantinya akan disusul dengan pemberian vaksin pada sasaran selanjutnya hingga masyarakat umum.

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan dalam menekan jumlah kasus pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kami sendiri yang akan terus memastikan vaksinasi berjalan lancar dan menyeluruh pada target sasaran yang telah ditentukan," kata Khofifah.

Ketua Umum PP Muslimat NU menyambut baik adanya vaksin dosis ke 4 ini lantaran telah terbukti efektif di beberapa negara. Di antaranya Amerika, Inggris, Israel dan beberapa negara lainnya yang sebelumnya telah menerapkan vaksin dosis ke 4.

"Saya berharap nantinya semua upaya ini dapat meningkatkan perlindungan terhadap nakes. Ke depan, vaksin ini diharapkan dapat diperuntukkan bagi yang berisiko tinggi Covid-19 dan berpotensi bergejala berat," ujar Khofifah.

Vaksinasi dosis lanjutan booster kedua bagi nakes yang dapat diberikan jika booster pertama menggunakan jenis vaksin Sinovac maka booster kedua dapat menggunakan beberapa jenis vaksin.

Antara lain menggunakan Astra Zeneca dengan dosis separuh dosis (half dose) atau 0,25 ml, Pfizer dengan dosis separuh dosis (half dose) atau 0,15 ml, Moderna dengan dosis dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml, Sinopharm dengan dosis dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml dan Sinovac dengan dosis penuh (full dose) atau 0,5 ml.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved