KKB Papua

VIRAL LAGI KKB Papua Ancam Presiden Jokowi, Panglima Tertinggi Minta Berunding dan Diawasi PBB

Viral lagi di media sosial video yang merekam pernyataan KKB Papua memberikan ancaman kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Facebook/TPNPB
Ilustrasi KKB Papua. Viral lagi di media sosial video yang merekam pernyataan KKB Papua memberikan ancaman kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

SURYA.co.id - Viral lagi di media sosial video yang merekam pernyataan KKB Papua memberikan ancaman kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam video tersebut, tampak seorang pria diduga panglima tinggi KKB Papua bernama Damianus Magai Yogi menginginkan perundingan dengan pemerintah Indonesia.

Mereka juga ingin agar perundingan tersebut diawasi oleh Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB.

"Kami sudah tegaskan berulangkali bahwa tetap menolak dialog Jakarta-Papua versi Indonesia dari LIPI maupun Komisi Nasional HAM.

Kedua lembaga itu menawarkan dialog dengan kelompok bersenjata Papua Barat selama ini," kata Damianus Magai Yogi di laman thetpn-pbnews.com.

Seperti dilansir dari Tribun Palu dalam artikel 'Panglima KKB Papua Kirim Permintaan Khusus kepada Jokowi, Perang Berlanjut Jika Tak Dipenuhi'.

Menurut Damianus Magai Yogi, PNPB-OPM bersama Tentara Revolusi West Papua (TRWP) dan West Papua Army menginginkan perundingan damai, bukan dialog.

"Tapi perlu diawasi UN Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau negara-negara anggota PBB yaitu Melanesia Sport Group (MSG), Pasifik Island Froum (PIF) dan Afrika Carabia Pasifik (ACP)," katanya.

Damianus Magai Yogi mengatakan, yang terjadi di Papua merupakan masalah politik sehingga harus diselesaikan secara politik.

"Tidak bisa masalah politik diselesaikan dengan pembangunan atau kesejahteraan diselesaikan dengan undang-undang, tidak bisa," tegasnya.

Dia menegaskan perundingan Pemerintah Indonesia dan rakyat Papua Barat adalah jalan keluar menuju pengakuan Negara Republik West Papua.

Apabila Indonesia tidak menanggapi, lanjut Damianus Magai Yogi, pihaknya akan mengirim pasukan mengancam beberapa daerah.

Pihaknya tidak berhenti perang sampai Papua Barat merdeka.

Damianus Magai Yogi juga menyinggung peristiwa pembantaian sejumlah warga di Kampung Nogolait Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Sabtu 16 Juli 2022.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Palu
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved