Berita Surabaya

Anggota KPU Wajib Cuti Kuliah Selama Tahapan Hingga Pemilu

Seluruh anggota KPU hingga tingkat kabupaten/kota yang tengah menjalani pendidikan akademik, selama masa tahapan Pemilu diminta untuk cuti.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
Istimewa/KPU Jatim
Komisioner Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim Rochani 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Seluruh anggota KPU hingga tingkat kabupaten/kota yang tengah menjalani pendidikan akademik, selama masa tahapan Pemilu diminta untuk cuti. Hal ini mengacu pada ketentuan dalam Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2019.

Komisioner Divisi SDM dan Litbang KPU Jatim, Rochani menjelaskan hal tersebut dalam rakor daring yang berlangsung belum lama ini. Rakor tersebut juga diikuti oleh sejumlah anggota KPU kabupaten/kota.

"Kita telah memasuki tahapan Pemilu serentak tahun 2024 sejak 14 Juni 2022 yang lalu," kata Rochani dikutip, Senin (25/7/2022).

"Sehingga sejak tanggal itu, teman-teman berkewajiban mengajukan cuti hingga berakhirnya seluruh tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 serta berakhirnya tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024," tambahnya.

Pada prinsipnya dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2019 itu diatur bahwa anggota KPU boleh mengikuti kegiatan perkuliahan namun diluar tahapan. Menurut Rochani, ketentuan itu belum mengalami perubahan.

“Artinya, norma terkait izin perkuliahan masih tetap berlaku. Jika kegiatan perkuliahan diizinkan selama diluar tahapan, maka ketika memasuki tahapan Pemilu dan Pemilihan izin perkuliahan tersebut tidak berlaku," jelasnya.

Mantan Ketua KPU Kota Batu itu melanjutkan, hal ini juga diperjelas dengan Keputusan 597/SDM.13/04/2021 yang mengatur norma untuk cuti kuliah ketika dalam tahapan.

Selanjutnya, dengan terbitnya Surat Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 514/SDM.13-SD/04/2022 tanggal 11 Juli 2022 terkait Penundaan kegiatan akademik/berhenti studi sementara bagi anggota KPU Kabupaten/Kota.

Hal itu kembali mempertegas agar Anggota KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, dan KPU/KIP Kabupaten/Kota yang sekarang ini sedang menjalankan perkuliahan wajib menunda kegiatan akademik atau berhenti studi sementara.

"Di dalam surat tersebut teman-teman juga diminta segera mengirimkan surat cuti akademik atau sebutan lain ke KPU secara kolektif melalui KPU Provinsi paling lambat 31 Juli 2022,” jelasnya menambahkan.

 
 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved