Pemilu 2024

Bidik Hattrick Menang di Pemilu 2024, PDIP Lamongan Adopsi Jateng Lewat Strategi Komandante Stelsel

"Kita kumpulkan teman-teman PAC dan anggota fraksi ini untuk memberikan pemahaman pemenangan tersebut," jelasnya.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Para pengurus serta PAC PDI Perjuangan se-Lamongan mengikuti rapat DPC di Rumah Makan Aqila, Kecamatan Deket, Lamongan, Senin (25/7/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Kemenangan pada Pemilu 2014 dan 2018 lalu menjadi motivasi khusus bagi Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan (DPC PDIP) Lamongan untuk meneruskan sukses kali ketiga pada 2024 mendatang. Dan demi meraih hattrick atau kemenangan tiga kali beruntun itu, PDIP Lamongan seirama dengan DPP PDIP dengan menerapkan strategi baru.

Yaitu strategi pemenangan secara elektoral berbasis gotong royong (Komandante Stelsel) dalam kontestasi Pemilu 2024. Strategi Komandante Stelsel ini disosialisasikan kepada 27 PAC (pimpinan anak cabang) dan anggota Fraksi PDIP di hall lantai 2 Rumah Makan Aqilah Lamongan, Senin (25/7/2022).

Ketua DPC PDIP Lamongan, Husen mengungkapkan, misi PDIP menang hattrick 3, termasuk di Lamongan, adalah dengan mengedepankan strategi gotong royong. "Hari ini kita sosialisasikan pemenangan secara elektoral berbasis gotong royong atau Komandante Stelsel," kata Husen.

Kenapa memilih elektoral berbasis gotong royong atau Komandante Stelsel, sebab yang dilaksanakan mulai Pemilu 1999 sampai saat ini PDIP masih terbawa arus elektoral berbasis individualisme.

Dan arus elektoral berbasis individualisme itu yang tidak bisa diterapkan, PDIP harus punya cara tersendiri, mesti melakukan langkah-langkah internal partai mengikuti ajaran Bung Karno. Karena basis gotong royong sebagai langkah untuk menentukan pertempuran ke depan.

"Jadi individualisme pemilu terbuka adalah pemilu negara liberal. Sedangkan Komandante Stelsel sintesanya sudah dilakukan di Jawa Tengah dan itu berhasil secara maksimal perolehan kursinya, baik kabupaten/kota maupun provinsi," ungkapnya.

Diungkapkan Husen, pemaparan dan sosialisasi pemenangan elektoral berbasis gotong royong atau Komandante Stelsel pada 27 PAC dan anggota Fraksi PDIP adalah bagian dari pemahaman yang diputuskan Rakernas 2 DPP.

"Kita kumpulkan teman-teman PAC dan anggota fraksi ini untuk memberikan pemahaman pemenangan tersebut," jelasnya.

Husen mengutarakan, sesuai perintah Rakorda maka harus ada penambahan 2 kursi di DPRD Kabupaten Lamongan dan mensukseskan Pilpres 2024 yang diusung partainya. "Fraksi PDIP di DPRD Lamongan harus tambah 20 persen dari target minimal. Jadi kita diperintahkan menambah 2, yaitu dari 8 menjadi 10," papar Husen.

Pihaknya akan melakukan penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) di bulan Agustus 2022. "Bulan depan bulan kita lakukan penjaringan bakal caleg. Terkait kesiapan, kita untuk menata para caleg potensi untuk bisa menambah suara dan menambah kursi," ia menambahkan.

Di Pemilu 2019, PDIP kehilangan 2 kursi di Dapil 2 Lamongan. Dan melalui strategi Komandante Stelsel, ia optimistis bisa mengembalikan 2 kursi tersebut. "Kita harus kembalikan kursi itu dan memaksimalkan Dapil 4 untuk penghitungan sistem Sainte Lague, jangan sampai suara hilang banyak disana. Kalau bisa bertambah," pungkasnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved