Berita Banyuwangi

Dari Menkes Budi Gunadi Sadikin hingga Shahnaz Haque Puji Kader Posyandu Banyuwangi

Ajang Festival Posyandu Kreatif diselenggarakan oleh PKK Kabupaten Banyuwangi untuk memberi ruang kreasi para penggerak Posyandu.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani berfoto bersama anak-anak saat menghadiri Festival Posyandu Kreatif di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Sabtu (23/7/2022). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Para kader Pos Pelayanan Keluarga Berencana & Kesehatan Terpadu (Posyandu) Kabupaten Banyuwangi mendapatkan apresiasi dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin hingga publik figur Shahnaz Haque, dalam rangkaian Festival Posyandu Kreatif di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Budi Gunadi, Festival Posyandu Kreatif tersebut bagian upaya untuk merevitalisasi Posyandu. Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang diamanatkan kepadanya.

"Pak presiden menginginkan revitalisasi Posyandu. Dengan intervensi pemerintah, layanannya akan terstandardisasi. Sehingga nanti Posyandu menjadi garda terdepan untuk menyentuh seluruh rakyat Indonesia. Mulai dari bayi, anak, hingga ibu dan bapak, serta lansia," ungkapnya secara virtual.

Untuk bisa merevitalisasi Posyandu sendiri, lanjut Budi Gunadi, mensyaratkan para kader yang bersemangat, bekerja dengan baik, serta kreatif.

"Nah, Posyandu kreatif di Banyuwangi yang telah berjalan tiga tahun ini, nanti bisa kita tiru," ujarnya sembari berjanji akan menengok langsung para kader Posyandu di Bumi Blambangan itu.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyebutkan, Tim Penggerak PKK dengan programnya menyelenggarakan Posyandu menjadi mitra strategis pemerintah dalam menyiapkan generasi masa depan.

"Lewat Posyandu ini, banyak permasalahan tentang ibu dan anak bisa diketahui lebih cepat sehingga dapat ditangani lebih dini," terang Bupati Ipuk.

Untuk itu, lanjut Bupati Ipuk, pemkab terus menguatkan peran PKK, termasuk juga didalamnya Posyandu dan kader-kader lainnya.

"Berbagai penguatan terus kita lakukan. Mulai dari kebijakan hingga penganggaran, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa/ kelurahan," paparnya.

Festival tersebut juga dihadiri Shahnaz Haque, publik figur yang juga menekuni parenting lebih dari 15 tahun. Shanaz turut mengapresiasi kegiatan Festival Posyandu Kreatif. Dengan penguatan posyandu tersebut, menurutnya, akan memberikan perawatan pada balita dengan lebih maksimal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved