Liga 1

PSSI Rekrut Purwanto dan Romadhon Masuk Komite Wasit, Ahmad Riyad : Wasit Liga 1 Harus Integritas

PSSI melakukan gebrakan baru di Komite Wasit jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Purwanto, eks wasit terbaik Indonesia digendeng

Editor: Fatkhul Alami
KOMPAS.COM
Purwanto, eks wasit terbaik Indonesia digendeng masuk jadi angota Komite Wasit PSSI 

 


SURYA.co.id | SURABAYA - PSSI melakukan gebrakan baru di tubuh Komite Wasit jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2022-2023. Purwanto, eks wasit terbaik Indonesia digendeng masuk jadi angota Komite Wasit PSSI.

Diangkatnya Purwanto sebagai Komite wasit PSSI diungkapkan Ahmad Riyadh, Ketua Komite Wasit PSSI, Rabu (20/7/2022) di Surabaya.

Ahmad Riyadh menjelaskan, pihaknya melakukan penyegaran dan pembaharuan di tubuh Komite Wasit PSSI jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim ini yang kick off, Sabtu (23/7/2022).

Purwanto tidak sendirian diangkat menjadi Komite Wasit PSSI. Ada nama Achmad Romadhon, wasit asal Malang.

"Ada pergantian (anggota Komite Wasit PSSI). Yesayas diganti Romadhon sebagai angota Komite Wasit, dia yang akan menentkan penugasan wasit. Saya juga angka Purwanto sebagai wakil saya," sebut Ahmad Riyadh saat ditemui di arena Kongres PSSI Jatim di Hoteal Sheraton Surabaya, Rabu (20/7/2022).

Purwanto dan Romadhon bukan sosok asing di perwasitan Indonesia. Purwanto yang sudah pensun dari wasit, kala masih aktif memimpin pertandingan merupakan salah satu sosok wasit tegas dan baik.

Pun dengan Romadhon. Ia merupakan salah satu wasit dan instruktur wasit terbaik asal Jatim yang dimiliki Indonesia.

"Kita ingin bersih, karena etalase PSSI itu ada di Timnas Indonesia dan wasit. Kalau wasitnya bagus, ya bagus semuanya," ucap Riyadh.

Pria yang juga Ketua Asprov PSSI Jatim ini menegaskan, PSSI sudah mengumpulkan semua perangkat pertandingan (termasuk wasit dan asisten wasit) di Jakarta guna menyambut kompetisi Liga 1 musim ini.

Riyadh mengatakan, perangkat pertandingan diminta supaya berugas secara baik saat memimpin pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023. Saat dikumpulkan di jakarta, mereka dibekali materi dan tes sebelum bertugas.

"Pesan saya nomor satu adalah integritas. Ketua Umum PSSI (Mohamad Iriawan) pun menegaskan tiadak akan ada intervensi ke wasit, saya pun bilang jangan hiraukan. Kalau ada yang intervensi, siapapun orangnya, laporkan," tegas Riyadh.

Supaya integritas kompetisi Liga 1 berjalan baik, lanjut Riyadh, Komite Wasit PSSI membuat kebijakan baru. Wasit Liga 1 -dan nanti Liga 2- akan dibuatkan ranking.

"Tiap tiga pertandingan dibuatkan ranking wasit, wasit ini ranking-nya A, B dan C, dibuatkan skornya," cetus Riyadh.

Jadi saat wasit itu rankingnya di atas, lanjut Riyadh, akan dijamin banyak tugas memimpin di pertandingan krusial. Sebaliknya, jika saat mempinnya biasa-bisa saja, rangkingnya di bawah.

"Penilai ya dari PSSI, Komite Wasit, tiap pertandingan dinilai, ada skornya," terang pria yang juga berprofesi sebagai lawyer ini.

 


>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google SURYA.co.id

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved