Berita Surabaya

Pelaksanaan Protokol Kesehatan Asrama Haji Surabaya Jadi Rujukan Debarkasi Lainnya

Seluruh penerapan protokol kesehatan di Debarkasi Indonesia, mengacu pada Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Pemeriksaan suhu tubuh jemaah haji saat tiba di Asrama Haji Surabaya. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Seluruh penerapan protokol kesehatan di Debarkasi Indonesia, mengacu pada Asrama Haji Debarkasi Surabaya.

Kebijakan itu tak lepas dari perintah Presiden Joko Widodo, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Budi Santosa, dalam menerima kedatangan jemaah haji dari tanah suci, mereka diwajibkan mengikuti pemeriksaan swab.

Penerapan ini, lanjut Budi, mengacu pada SE Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 22 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

“Sebelum kepulangan jemaah haji, Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa sudah memberikan arahan bahwa dalam masa kepulangan jemaah haji di Jawa Timur, agar diterapkan protokol kesehatan untuk mencegah peningkatan penularan virus tersebut," jelas Budi, Rabu (20/7/2022)

Mantan Kasatpol PP Provinsi Jatim tersebut juga menyampaikan, upaya penerapan protokol kesehatan dimulai sejak jemaah tiba di bandara.

“Masker sebagai salah satu pelindung jemaah dari bakteri dan virus, diberikan kepada jemaah saat tiba di bandara," katanya.

"Jika masker sudah lebih dari 9 jam, sebaiknya segera diganti. Dari tim BPBD, 5 orang ke bandara untuk membagikan masker," imbuhnya.

Selama di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, kata dia, juga ada pelaksanaan protokol kesehatan untuk mencegah peningkatan penularan virus.

"Ruangan penerimaan jemaah disemprot dulu biar steril sebelum dipakai. Lalu kami siapkan masker untuk jemaah jika diperlukan lagi," ucapnya.

Budi menambahkan, setelah itu jemaah akan mengikuti prosedur berikutnya, yaitu skrining suhu tubuh dilanjutkan test swab atau PCR.

Selain itu, tuntas Budi Santoso, bus yang dipakai oleh jemaah, juga dilakukan sterilisasi. Termasuk bagasi jemaah serta perlengkapan yang dipakai oleh jemaah misalnya kursi roda.

 

 
 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved