Grahadi

Tingkatkan Keandalan Listrik Madura, PLN Kerjakan Pemasangan Kabel SKTT 150 kV Kedinding-Bangkalan

Perkuat keandalan kelistrikan di wilayah Madura, PLN bangun infrastruktur kelistrikan SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4.

Penulis: Adrianus Adhi | Editor: irwan sy
Pemprov Jatim
Gubernur Khofifah sedang melihat pekerjaan SKTT 150 kV Kedinding-TX Bangkalan sirkit 3 dan 4. 

SURYA.co.id, BANGKALAN - Perkuat keandalan kelistrikan di wilayah Madura, PLN bangun infrastruktur kelistrikan SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PLN dalam keandalan penyaluran kelistrikan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Madura di mana kebutuhan listriknya semakin meningkat.

Saat ini wilayah Madura disokong oleh 2 sirkit yaitu SUTT 150 kV Ujung/Kenjeran- SKTT 150 kV Suramadu 1 & 2- SUTT 150 kV Bangkalan/Gilitimur.

Pekerjaan SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 saat ini telah memasuki tahapan pemasangan kabel, di mana pada saat pemasangan kabel nantinya akan diikuti pemasangan fire fighting untuk keamanan saat beroperasi dengan metode pembongkaran deck slab terlebih dahulu sebelum proses penggelaran kabel.

Proses pekerjaan ini akan membutuhkan pengalihan jalur kendaraan roda 2 yang akan berdampak pada jalur lalu lintas di Jembatan Suramadu.

Untuk mengoptimalkan pekerjaan serta meminimkan dampak kemacetan pada lalu lintas Suramadu, maka dilakukan Management Rekayasa Lalu Lintas yang bertujuan mengatur lalu lintas agar tetap lancar dan aman selama 1 tahun pengerjaan transmisi SKTT 150 kV Kedinding- TX Bangkalan sirkit 3 dan 4. 

Proses pengerjaan pemasangan kabel ini akan membutuhkan waktu 356 hari, sehingga penutupan jalur roda 2 akan dibagi menjadi 2 tahapan.

Tahapan pertama pengalihan dari sisi Surabaya menuju Madura yang direncanakan akan dilakukan 19 Juli 2022 sampai dengan 31 Januari 2023 (6 bulan) dan Tahapan kedua Dari Arah Madura ke Surabaya yang akan dilakukan dari Februari sampai dengan Juli 2023.

Demi kelancaran lalu lintas akibat pengalihan, PLN menggandeng Pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur beserta stakeholder terkait agar lalu lintas minim gangguan pada saat pengerjaan pemasangan kabel SKTT 150 kV Kedinding - TX Bangkalan sirkit 3 dan 4. 

Pelaksaan pekerjaan sebelumnya telah mendapatkan perijinan dari Kementrian PUPR yang dalam hal ini Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali dan Satuan Kerja Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved