Berita Banyuwangi

Telah Menjadi Ikon Sepeda Nasional, Banyuwangi Dipercaya jadi Tuan Rumah Kejurnas Balap Sepeda

INC merupakan agenda rutin PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk mendapatkan juara nasional dalam disiplin balap sepeda.

Penulis: Haorrahman | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Banyuwangi
Banyuwangi akan kembali menggelar kejuaraan balap sepeda. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi telah menjadi ikon balap sepeda nasional. Kali ini Banyuwangi dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda, Indonesian National Championship (INC) 2022, disiplin road dan sepeda gunung (MTB), 15-24 Juli 2022.

"Alhamdulilah, Banyuwangi kembali dipercaya menggelar kejuaraan nasional. Ini merupakan dukungan pusat kepada Banyuwangi untuk mengembangkan olahraga," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Rabu (13/7/2022).

INC merupakan agenda rutin PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) untuk mendapatkan juara nasional dalam disiplin balap sepeda.

Event ini hanya digelar setahun sekali, untuk mencari satu juara nasional untuk kategori putra dan putri.

Terdapat lebih dari 600 atlet dari 27 provinsi akan berpartisipasi dalam kejuaraan ini. Kejurnas Road dan MTB 2022 akan melombakan empat kelompok usia. Yakni, elite, U-23, junior, dan youth.

Disiplin road akan terdiri atas tiga lomba, yakni individual time trial (ITT), individual road race (IRR), dan criterium.

Sementara itu, nomor MTB melombakan cross-country eliminator (XCE), cross-country Olympic (XCO), cross-country relay (XCR), downhill, dan enduro.

"Bagi Banyuwangi, kejurnas ini bukan hanya sekadar event olahraga saja. Namun akan turut mendongkrak perekonomian masyarakat. Ratusan bahkan ribuan orang akan datang ke Banyuwangi karena kejuaraan ini, sehingga akan berdampak pada ekonomi masyarakat," kata Ipuk.

Sebelumnya, lada tahun ini Banyuwangi juga telah menggelar ’Ijen Erek-Erek Enduro 2022”, balap sepeda MTB di Erek-Erek Bike Park, di lereng Gunung Ijen, Banyuwangi, 25-26 Juni 2022.
Banyuwangi juga rutin setiap tahunnya menggelar balap sepeda internasional, Tour de Ijen dan International BMX competition.

Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara, hingga 12 Juli, untuk kategori Road Race diikuti 273 atlit, dari 26 Provinsi, di 39 nomor perlombaan. Sementara Kejurnas MTB bakal diikuti 250 atlit, dari 17 Provinsi, di 29 nomor perlombaan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved