Berita Banyuwangi

Filosofi Sai, Bupati Banyuwangi Ipuk Festiandani Ajak Jajaran Kerja Lebih Keras

Menurutnya, dalam memimpin Banyuwangi, haruslah dilakukan dengan doa dan ikhtiar tiada putus. Mencoba menyusun program kerja secara terukur.

Penulis: Haorrahman | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Pemkab Banyuwangi
Rapat terbatas Bupati Ipuk bersama jajarannya melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (11/7/2022). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Rangkaian ibadah haji memang tak sekadar prosesi ritual belaka. Namun juga sarat dengan nilai filosofis serta inspirasi.

Hal ini setidaknya yang dirasakan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Dalam rapat terbatas bersama jajarannya melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (11/7/2022), Ipuk menceritakan kesannya saat melaksanakan sa'i.

Salah satu rangkaian dalam ibadah haji itu mengharuskan setiap orang untuk berlari-lari kecil di antara bukit Shofa dan Marwah.

Ritual ini meneladani perjuangan Siti Hajar mencarikan minum anaknya, Ismail, ketika ditinggal Nabi Ibrahim di tengah padang tandus Mekkah kala itu.

"Ketika mengetahui jika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk meninggalkan Siti Hajar dan anaknya di Mekkah, Siti Hajar menerimanya dengan kepatuhan. Namun, beliau tidak hanya berpangku tangan menunggu takdir Tuhan. Beliau berikhtiar kuat untuk mengatasi persoalan-persoalan yang muncul atas konsekuensi kepatuhannya tersebut," ungkap Ipuk.

Kala itu, Mekkah masihlah tempat yang tak berpenghuni, selain Hajar dan putranya. Sehingga fasilitas penunjang juga nyaris tak ada.

Di tengah situasi demikian, Ismail yang masih balita meronta kehausan.

"Saat itu, Hajar menaruh Ismail. Lalu, beliau mencari air. Berlarian dari bukit satu ke bukit yang lain mencari oase. Sumber air. Ini adalah ikhtiar. Beliau menghadapi takdir yang ada dengan segenap usaha dan kerja keras," lanjut Ipuk.

Sebagaimana diketahui, usaha yang dilakukan Hajar tak membuahkan hasil.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved