Grahadi

Pemprov Jatim

Emil Dardak Ajak Seluruh Pihak Wujudkan Pelaksanaan Kurban di Idul Adha Berlangsung Sehat dan Aman

Plt Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak meninjau penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Kota Surabaya, Sabtu (9/7/2022)

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak seusai meninjau langsung pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Kota Surabaya, Sabtu (9/7/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Plt Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengajak seluruh pihak untuk mewujudkan pelaksanaan kurban di Idul Adha tahun ini bisa berlangsung sehat, bersih dan aman. Apalagi, di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

Pernyataan ini disampaikan Emil Dardak seusai meninjau langsung pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian Kota Surabaya, Sabtu (9/7/2022).

"Mari kita wujudkan Hari Raya kurban, penyembelihan hewan kurban secara aman tahun 2022," kata Emil kepada wartawan.

Berdasarkan laporan, RPH Pegirian pada Sabtu ini telah menyembelih 70 hewan lantaran ada yang telah melaksanakan Salat Idul Adha. Sepanjang pelaksanaan penyembelihan hingga pengemasan, seluruh daging kurban juga berjalan dengan tertib.

12 jam sebelum dilakukan penyembelihan, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan ante mortem atau pengecekan fisik pada setiap hewan kurban yang akan masuk di RPH. Begitu juga setelah dilakukan pemotongan, juga dilakukan post mortem.

Pria yang juga menjabat sebagai Wagub Jatim itu pun bersyukur, dari hewan kurban yang masuk dan akan disembelih tidak ada indikasi terjangkit PMK.

"Begitu juga setelah dilakukan pemotongan, tidak ditemukan adanya post mortem atau bagian hewan yang sakit," ujarnya.

Emil mengapresiasi, penerapan standar keamanan dan kesehatan yang tinggi. Sehingga, hewan yang akan disembelih kesehatannya tidak diragukan. Dia pun memprediksi pada Minggu (10/7/2022), besok penyembelihan di RPH akan meningkat sekitar 70 sapi lebih.

Emil mengimbau, masyarakat maupun masjid untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban di RPH. Ini demi keamanan dan kenyamanan. Selain itu, kelebihannya adalah setelah dilakukan pemotongan hewan, nantinya masyarakat akan mendapat surat keterangan kesehatan pasca penyembelihan.

Sementara itu, kepada masyarakat yang ingin melakukan penyembelihan secara mandiri, Emil meminta dipastikan ada persetujuan dari dinas terkait. Khususnya, pejabat yang membidangi peternakan seperti Pejabat Otoritas Veteriner (POV).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved