Breaking News:

Berita Surabaya

RSIA Kendangsari MERR Surabaya Kembali Buka Kiddie and Mom Dental Care

RSIA Kendangsari MERR Surabaya kembali membuka klinik Kiddie and Mom Dental Care

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: irwan sy
sulvi sofiana/surya.co.id
Pemotongan pita Kiddie and Mom Dental Care RSIA Kendangsari MERR Surabaya, Selasa (28/6/2022) 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari MERR Surabaya kembali membuka klinik Kiddie and Mom Dental Care seiring dengan meningkatnya permintaan layanan dokter gigi sekaligus menurunnya angka positif Covid-19, Selasa (28/6/2022).

Direktur Utama RSIA Kendangsari Merr, dr Dhimas Panji Condro MHum, mengungkapkan selama pandemi pelayanan klinik gigi ini sempat ditutup karena resiko penularan Covid-19 yang tinggi.

Padahal normalnya pemeriksaan gigi perlu dilakukan rutin setiap enam bulan sekali, sehingga biasanya pasien RSIA Kendangsari MERR harus memeriksakan giginya di faskes yang ada di luar.

"Harapan kami kasus gigi bisa dilayani secara terpadu, karena kadang dari spesialis anak ataupun kandungan perlu merujuk ke dokter gigi," ujarnya.

Untuk itu klinik ini dibuka untuk pasien rujukan internal ataupun umum yang memiliki masalah gigi dan mulut.

Walaupun angka Covid-19 menurun, penerapan protokol kesehatan dan kepastian ruangan yang steril diterapkan setiap selesai menangani satu pasien.

"Kami siapkan aerosol suction yang menyedot udara yang mungkin ada kumannya agar tidak menyebar ke pasien lain. Kami juga mengatur sirkulasi udara, dan hepa filter untuk membersihkan udara dari bakteri. Ada lampu sinar UV juga untuk mensterilkan ruangan," urainya.

Dibukanya klinik Kiddie and Mom Dental Care ini bisa melayani hingga 12 pasien perharinya.

Dokter Gigi RSIA Kendangsari MERR, drg Muthyah Ardhani SpKGA mengungkapkan pelayanan klinik ini cukup berbeda dari sebelum pandemi, seperti dari segi pasien harus dipenuhi dalam keadaan sehat tidak batuk dan demam demikian juga yang mengantar.

"Anak-anak juga diperkenalkan kalau dokter memakai APD dan disarankan reservasi agar pasien tidak bertemu satu sama lain," tegasnya.

Pelayanan yang ditawarkan dalam klinik ini sesuai namanya menyasar ibu dan anak, namun juga terbuka untuk ayah atau umum.

"Kami bisa skrining untuk ibu sebelum kehamilan jadi ibu bisa mendapatkan kesehatan yang baik dan tidak ada masalah sakit gigi, karies gigi atau gusi berdarah selama kehamilan," urainya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved