Profil Pasukan Elite TNI Pengawal Presiden Jokowi Saat Kunjungi Ukraina dan Rusia

Sejumlah pasukan Elite TNI mengawal kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia. Berikut profilnya.

Capture/Film Merah Putih Memanggil
Ilustrasi pasukan elite TNI. Simak profil pasukan Elite TNI yang mengawal kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia. 

SURYA.co.id - Sejumlah pasukan Elite TNI mengawal kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Ukraina dan Rusia.

Pasukan elite yang tergabung dalam Paspampres itu meliputi Kopassus, Denjaka dan Kopasgat.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo.

Tri mengatakan bahwa 39 personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) diterjunkan mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke Ukraina dan Rusia pada akhir bulan ini.

Personel yang diterjunkan dibagi ke dalam tiga tim yang terdiri dari tim penyelamatan (Matan), Tim Utama (Main Group) dan  tim pendahulu (advance).

“Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau ada 19 ditambah yang matan-nya sendiri 10 di sana, berarti 29 ditambah dengan 10 orang yang sudah stanby di sana,” kata Tri kepada wartawan, Kamis, (23/6/2022).

Seperti dilansir dari Tribunnews dalam artikel 'Tim Elite TNI Kawal Jokowi Saat Kunjungi Ukraina yang Perang dengan Rusia, Ada Kopassus dan Denjaka'.

Personel Paspampres yang diterjunkan tersebut dibekali sejumlah peralatan canggih, mulai dari helm, rompi anti peluru, hingga senjata laras panjang.

Tri mengaku percaya diri dalam melakukan pengamanan presiden, meski ke dua negara tersebut saat ini masih berperang.

Paspampres terdiri dari sejumlah pasukan elite yang dimiliki oleh TNI.

Mulai dari Kopassus (TNI AD), Detasemen Jalamagkara/Denjaka (TNI AL), dan Kopaskhas/Kopasgat (TNI AU).

“Paspampres ini banyak terdiri dari pasukan pasukan khusus juga sehingga alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari paskhas.

Alhamdulillah kita percaya diri,” katanya.

Lantas, seperti apa profil ketiga pasukan elite tersebut?

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved