Berita Kota Surabaya

Hadir di Surabaya, Hub.Id Accelerator 2022 Cari 25 Start-up Potensial untuk Bertemu Calon Investor

Melalui Direktorat Ekonomi Digita, Kominfo berusaha mengembangkan pelaku startup untuk mendapatkan permodalan

surya/bobby constantine Koloway
Ketua Tim Business Matchmaking Ditjen Aptika, Luat Sihombing saat memberikan penjelasan di Surabaya. 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Roadshow Hub.Id Accelerator 2022 hadir di Surabaya, Selasa (21/6/2022) sebagai ajang mencari 25 pelaku Start-up yang akan dihubungkan kepada para calon investor. Roadshow yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ini juga bertujuan membantu pelaku start-up agar makin berkembang.

Melalui Direktorat Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika, Kominfo berusaha mengembangkan pelaku startup untuk mendapatkan permodalan. Sehingga para pelaku startup bisa mengembangkan unit bisnisnya secara optimal.

"Ajang ini untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis startup digital. Program tersebut mencari 25 startup terbaik di Indonesia untuk diberi pendampingan dalam memperoleh akses pendanaan dan kerja sama bisnis," kata Ketua Tim Business Matchmaking Ditjen Aptika, Luat Sihombing, Selasa (21/6/2022).

Surabaya menjadi kota kedua setelah roadshow di Yogyakarta. Berkaca dari gelaran tahun lalu, Luat menjelaskan, besarnya potensi pelaku startup di Surabaya. Dari 43 peserta yang lolos tahun lalu, Surabaya menjadi kota kedua sebagai penyumbang peserta terbanyak setelahYogyakarta.

"Selama ini, Surabaya memang menjadi salah satu ekosistem startup terbesar di Indonesia," tambah Luat.

Dengan suksesnya gelaran tahun lalu, pihaknya optimistis kualitas startup tahun ini bisa lebih optimal. "Tahun ini, pesertanya lebih sedikit karena kami mengejar kualitas. Harapannya, mereka bisa mengejar mitra bisnis yang ada di jejaring," ujar Luat.

Hub.Id Accelerator akan melakukan serangkaian kegiatan. Berawal dari business mentoring hingga global immersion, yang berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang. Selain itu, juga ada rangkaian diskusi antara startup digital dengan para tokoh atau pelaku industri berpengalaman yang bisa menguji business case dari para startup.

"Lalu dilanjutkan dengan networking session, business matchmaking, pitch training dan global immersion,” jelasnya.

Registrasi program Hub.Id Accelerator 2022 telah resmi dibuka pada 11 Juni 2022 melalui laman https://hub.id. Nantinya, proses registrari akan ditutup pada 10 Juli 2022 mendatang.

Startup yang tergabung dan lulus kurasi nantinya akan didampingi oleh tim untuk bisa mendapatkan mitra bisnis. Ini sesuai dengan bisnis dan tujuan ekspansi pasar mereka, serta mendapat investasi.

Sektor yang dicari menyangkut bidang financial services, logistic supply chain, SME Ennabler, B2B enterprise solution, dan agriculture and aqua culture. "Kelima sektor ini dibuka karena memang sesuai dengan peluang startup dan diskusi bersama investor," paparnya.

Peserta akan melewati proses kurasi hingga wawancara dengan panel curator untuk mendapatkan 25 terbaik sebagai peserta Hub.Id Accelerator 2022. "Nanti kita harapkan ada lebih dari 100 yang mendaftar,” tambah Luat.

Para startup nantinya juga akan mendapatkan kesempatan khusus mentoring bersama pitch trainer kenamaan, Peter Browne, dalam sesi pitching training.

Untuk diketahui, pada 2021 lalu program ini diikuti oleh 42 startup dan 47 mitra bisnis. Ajang ini juga berhasil menggelar lebih dari 100 pertemuan bisnis, 30 kerja sama bisnis baru, serta 2 investasi baru. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved