Berita Surabaya

Jawaban LTMPT Soal Dugaan Soal-soal UTBK-SBMPTN 2022 Beredar di Medsos

Beberapa hari terakhir #LTMPT dan #UTBK menjadi trending di twitter karena unggahan @chanecha022 yang berisi link drive dokumen yang diduga foto soal

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Adrianus Adhi
Twitter
Ilustrasi twitter dan postingan terkait bocornya soal-soal penerimaan mahasiswa di media sosial 

SURYA.CO.ID, Surabaya - Beberapa hari terakhir #LTMPT dan #UTBK menjadi trending di twitter karena unggahan @chanecha022 yang berisi link drive dokumen yang diduga foto soal UTBK dengan judul "PANEN BANYAK 1/3".

Menanggapi hal ini, Tim Pelaksana LTMPT memberikan klarifikasi atas beredarnya soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial lewat surat edaran.

Surat edaran yang ditandatangani Ketua LTMPT, Mochamad Ashari merupakan tanggapan atas beredarnya informasi tentang soal-soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial yang dinilai sebagai bentuk kebocoran soal sehingga menimbulkan keresahan, kegundahan, dan kekhawatiran bagi peserta UTBK 2022.

"LTMPT menegaskan bahwa selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 baik Gelombang 1 maupun Gelombang 2 sejumlah 28 sesi sama sekali tidak terjadi kebocoran soal."

"Hal ini disebabkan LTMPT telah merancang soal UTBK-SBMPTN 2022 berbeda untuk setiap sesi. Artinya, tidak ada soal UTBK-SBMPTN 2022 yang sama antar sesi," tegas Ashari.

Sementara itu, beredarnya foto-foto soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial diduga disebabkan adanya upaya sejumlah oknum peserta UTBK yang berniat melakukan kecurangan. 

Namun, LTMPT memastikan upaya curang dimaksud —tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022. 

"Peserta yang terbukti melakukan kecurangan pasti akan diberi sanksi tegas. Terhadap berbagai dugaan pelanggaran dan/atau kecurangan, baik yang bersumber dari Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU), sistem UTBK-SBMPTN 2022, laporan masyarakat termasuk info yang beredar di media sosial, dan analisis kecurangan, LTMPT melakukan proses pendalaman dengan melakukan pemeriksaan terhadap bukti-bukti yang tersedia," ujarnya. 

Peserta dan oknum yang terlibat dalam kecurangan akan dituntut dan diberi sanksi sesuai dengan perundang-undangan dan aturan yang berlaku.

Hingga saat ini, akun @chanecha022 masih mengunggah tangkapan layar file berisi dokumen yang diduga berupa foto soal UTBK dan nama peserta UTBK. 

Akun @manlitkovsky juga turut meramaikan isu peredaran soal UTBK dengan unggahannya "Rangkuman Drama UTBK 2022. Sebuah Utas Reportase. Dibuat hanya untuk mewartakan yang terjadi tanpa memasukkan opini pribadi".

Unggahan tersebut berisi unggahan awal @chanecha022 hingga respon LTMPT dan berbagai universitas atas hal ini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved