Berita Surabaya

KKN Tematik Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Unitomo di Desa Junrejo Kota Batu

Yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Unitomo sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Desa Junrejo.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Unitomo
Saat Rektor, Siti Marwiyah mengunjungi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Dr Soetomo (Unitomo) di Kampung Tani Sadar Wisata (Katadarwis) Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, Kamis (16/6/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik "Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal" Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) dikunjungi Rektor, Siti Marwiyah.

Tak sendiri, Rektor Unitomo datang bersama rombongan bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Budi Santosa serta Dewan Pakar Pusat Studi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Pusparekraf), Husnul Khuluq.

Bertempat di Kampung Tani Sadar Wisata (Katadarwis) Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, rombongan disuguhkan hasil program kerja yang telah dilaksanakan sebanyak 100 mahasiswa selama 10 hari di lokasi KKN.

Salah satu mahasiswa peserta KKN Tematik Kota Batu, Ratna Kartini mengatakan dari 8 divisi yang ada, telah melaksanakan program sesuai arahan dari Penanggung Jawab Program, Priyanto bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Viktor L. Tobing serta Moh. Arfani.

"Beberapa divisi kami seperti sarana prasarana telah sukses mendirikan joglo yang siap di operasikan, membuat meja dan rak dari bambu sebagai bagian interior joglo," kata Ratna kepada SURYA.co.id, Kamis (16/6/2022).

"Kemudian divisi Rencana Paket Wisata menyelesaikan rencana paket wisata yang ada pada Omahwisata, membuat bundling harga yang dikolaborasikan dengan berbagai wisata edukasi, outbound dan juga kampung UMKM," imbuhnya.

Selain itu, ada divisi Sumber daya manusia yang telah mengkonsep dan memberikan penyuluhan mengenai SOP homestay pada target hospitality dan melengkapinya dengan cinderamata dari Universitas Dr Soetomo.

Kemudian divisi Culture development yang mengkonsep dan memberikan suatu budaya baru yaitu Tari Wojun (tarian penjaga bumi) yang dipadukan dengan treatikal darama dan musik Jawa.

Selanjutnya Divisi Community network menjadi perantara, penyambung antara divisi dan pihak eksternal seperti Omahwisata, Mawindo, dan masyarakat sekitar.

Sementara Divisi Pengembangan produk lokal berhasil membuat inovasi baru yaitu produk yang di hasilkan dari jeruk antara lain Eko enzim, cireng jeruk, selai jeruk dan permen jeruk.

Serta Divisi digital marketing telah membuat berbagai sosialisasi dan juga berbagai akun sosial media seperti Instragram, tiktok dan juga email yang diperuntukkan sebagai media promosi omah wisata desa Junrejo di sosial media.

"Kami juga membuat linktree, mengolah website tripfunia.com, membuat Instagram dengan username Omahwisata_batu dan juga tiktok @omahwisata_batu," ungkap Mahasiswa Prodi Sastra Inggris itu.

Menyikapi apa yang disampaikan mahasiswa peserta KKN mengenai program yang dijalankan, Rektor Siti Marwiyah mengapresiasi dan merasa terharu mahasiswa dapat memberikan pengabdian pada masyarakat.

"Jangan berhenti untuk berbuat baik, melalui KKN Tematik di Kota Batu, kami akan memberikan yang terbaik untuk Katadarwis Junrejo. Bukan hanya saat ini, namun ke depan KKN Tematik harus bisa memberikan program lanjutan bagi masyarakat," ujar Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

Sementara itu, Pegiat Wisata, Zaenal Budi Hartoko mengatakan apa yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Unitomo sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Desa Junrejo.

"Ini luar biasa, mahasiswa bisa bersinergi dengan masyarakat dan membuat program-program untuk desa," pungkas Zaenal yang juga Diektur Utama Mawindo.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved