SOSOK Roy Suryo yang Terancam Dipolisikan Usai Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Diedit Wajah Jokowi

Inilah Roy Suryo yang terancam dipolisikan setelah mengunggah foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Editor: Musahadah
tribunnews/twitter
Roy Suryo dikecam karena unggah foto stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Presiden Jokowi. Berikut sosoknya! 

SURYA.CO.ID - Inilah sosok Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang terancam dipolisikan setelah mengunggah foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Roy Suryo mengunggah foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi di akun Twitter pribadinya @KRMTRoySuryo2 pada Jumat (10/6/2022). 

Selain itu dia juga mencuitkan terkait wacana kenaikan harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu yang menimbulkan protes di masyarakat. 

Hal ini mengundang kecaman dari Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi). 

Menurut Hikmahbudhi, hal tersebut seharusnya tak patut dilakukan oleh seorang intelektual seperti mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Baca juga: BIODATA Roy Suryo yang Dilaporkan Balik seusai Kandas Polisikan Menteri Agama soal Gonggongan Anjing

Apalagi gambar yang diunggah melecehkan agama tertentu.

"Saya agak menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh saudara Roy Suryo di mana beliau ini sebagai orang terdidik justru mencerminkan perilaku yang kurang menghargai. Boleh bercanda tapi jika menyangkut agama atau simbol agama tidak perlu," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Hikmahbudhi Wiryawan, Selasa (14/6/2022), dalam keterangannya.

Hikmahbudhi juga mengecam pihak yang mengedit dan menyebar foto editan stupa Candi Borobudur tersebut. Sebab aksi tersebut merupakan bentuk penodaan agama Buddha.

"Ini bentuk pelecehan dan harus diusut siapa yang pertama membuat meme tersebut, Rupang Buddha adalah simbol suci agama Buddha," kata jelas Wiryawan.

Hikmahbudhi berencana memproses hukum pihak-pihak yang dianggap menistakan agama mereka tersebut. Kajian masih terus dilakukan menyikapi peristiwa ini.

"Kami sedang koordinasi dengan tim hukum. Jika memang ada delik pidananya kami akan buat laporan ke pihak kepolisian," tegas Wiryawan.

Di bagian lain, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan Roy Suryo masih belum diperiksa karena penyidik masih mendalami konten tersebut.

"Belum (panggil Roy Suryo), masih didalami dulu kontennya," kata Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (15/6/2022).

Hingga saat ini, kata Dedi, pihaknya kini masih mencari perihal pengedit foto tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved