Pemilu 2024

Forkompinda Kota Kediri Hadiri Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

Pendaftaran parpol peserta pemilu paling lambat 18 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/didik mashudi
Perwakilan Forkompinda Kota Kediri menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara virtual di Kantor KPU Kota Kediri, Selasa (14/6/2022) malam. 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara virtual di Kantor KPU Kota Kediri, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan pejabat Forkompinda Kota Kediri.

Kepala Kesbangpol Kota Kediri Bagus Hermawan Apriyanto, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Herwin Zakiyah dan perwakilan partai politik.

Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi menjelaskan, tahapan penyelenggaraan pemilu paling lambat dilaksanakan 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Seperti diketahui sesuai dengan SK KPU Nomor 21 Tahun 2022 untuk pelaksanaan pemilu serentak 14 Februari 2024. Sedangkan pilkada serentak 27 November 2024.

Tahapan paling awal ini berhubungan dengan peserta pemilu.

Pendaftaran parpol peserta pemilu paling lambat 18 bulan sebelum hari pemungutan suara.

"Mohon dukungan terkait tahapan pemilu. Mulai pra pemilu, penyelenggaraan pemilu, hingga pasca pemilu. Jadi mekipun KPU penyelenggara pemilu ada Bawaslu dan DKPP juga kalau tidak ada dukungan dari elemen masyarakat maka penyelenggaraan pemilu dikatakan tidak berhasil," ujarnya.

Tahapan awal ini telah disetujui bersama pemerintah, DPR RI dan lembaga pemilu dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 pada 9 Juni 2022.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan, persiapan KPU ini sudah proper.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved