Berita Banyuwangi

Tim Asesor Jaringan Geopark Dunia: Sungguh Pengalaman Luar Biasa di Banyuwangi

Tim asesor Unesco Global Geopark mengaku sangat terkesan selama lima hari di Banyuwangi.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG), saat berada di Bandara Banyuwangi. 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Penilaian Tim asesor Unesco Global Geopark (UGG), Martina Paskova dan Jacob Walloe, berakhir pada Senin (13/6/2022) kemarin. Keduanya mengaku sangat terkesan selama lima hari di Banyuwangi.

"Sungguh pengalaman luar biasa di sini Banyuwangi. Saya kagum dengan semua tempat yang saya kunjungi di sini. Negara saya (Cheko) tidak punya seperti ini," kata Martina, Senin (13/6/2022).

Geopark Ijen dalam proses pengajuan menjadi jaringan geopark dunia atau UGG. Tim asesor tersebut melakukan serangkaian penilaian terkait kelengkapan geopark, mulai warisan geologi, keanekaragaman hayati dan warisan budaya di kawasan Geopark Ijen selama lima hari (9-13 Juni 2022).

Di hari terakhir di Banyuwangi, keduanya mengunjungi Taman Gandrung Terakota di Kecamatan Licin. Taman Gandrung Terakota, merupakan sebuah tempat berisikan jejeran patung penari Gandrung dengan lansekap sawah terasiring yang indah.

Hadir pula Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sekda Bondowoso Bambang Soekwanto serta perwakilan Pemprov Jatim dan Kementerian terkait.

Di tempat ini, Martina dan Jacob kembali mengutarakan kekaguman pada alam Banyuwangi seperti tempat-tempat yang telah mereka kunjungi sebelumnya.

"Kita bisa lihat bersama, betapa indah dan luar biasanya tempat ini. Ini adalah tempat yang sangat menyenangkan," katanya.

Menurut Martina, selama di Banyuwangi, dia melihat banyak tempat yang mengagumkan. Mulai gunung, laut, hutan dan lainnya.

"Banyak tempat yang indah dan sangat potensial. Orang-orang yang menyenangkan, budaya yang sangat menarik, haritage geopark dan banyak lainnya," jelas Martina.

Ditambah lagi ekosistem ekonomi masyarakatnya yang menjadi mitra strategis, seperti produsen kopi yang banyak dijumpai di Ijen.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved