Sosok

Potret Gian Crismeril, Kenalkan Pakaian Khas Kabupaten Kediri ke Masyarakat Dunia Lewat Seni Tari

Pakaian khas Kabupaten Kediri yang baru dirilis bulan Maret 2022 lalu, kini semakin dikenal masyarakat luas dari penjuru dunia. 

Penulis: Luthfi Husnika | Editor: irwan sy
istimewa/dok pribadi
Potret Gian Crismeril. 

Berita Kediri

SURYA.co.id, KEDIRI - Pakaian khas Kabupaten Kediri yang baru dirilis bulan Maret 2022 lalu, kini semakin dikenal masyarakat luas dari penjuru dunia. 

Dikenalnya pakaian kebanggaan warga Bumi Panjalu sampai ke manca negara tak lepas dari peran Gelar Gian Crismeril, seniman tari delegasi Indonesia yang tampil dalam Festival Pasar Senggol Turki 2022.

Meril, begitu sapaan akrabnya bangga bisa mengenakan pakaian khas Kabupaten Kediri dalam festival di Istanbul, Turki.

Dalam postingan di laman instagram pribadinya @ggcmerryl seniman tari asal Kabupaten Kediri itu terlihat ayu mengenakan pakaian khas putri, Ken Kadiri. 

"Hari ini saya memperkenalkan pakaian Khas Kabupaten Kediri yaitu KEN KADIRI di Festival Pasar Senggol Leading Asia Market in Turkey @pasarsenggol.tr yang dihadiri beberapa Negara dari penjuru Dunia," tulis Meril.

Festival Pasar Senggol Turki 2022 merupakan pameran produk UMKM dan Budaya Indonesia di Turki kerja sama PPI Turki dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul Turki.

Festival ini digelar di Halic Congress Center (Galata Ballroom) Istanbul Turki pada Minggu, (5/6/2022).

Meril yang juga menjadi pengajar di SMP Muhammadiyah 1 Pare untuk mata pelajaran bimbingan konseling (BK) merangkap pendidikan seni budaya itu mengaku berterima kasih diberikan kesempatan menjadi perwakilan delegasi Indonesia khususnya dari Kabupaten Kediri.

"Sebenarnya saya ditugaskan untuk penampilan tari. Tetapi saya juga berusaha mengenalkan baju khas Kediri di sini, supaya mereka tau Kabupaten Kediri di Jawa Timur juga memiliki baju khas (adat) seperti daerah-daerah lain," ucap Meril.

Meril menyampaikan, Indonesia yang terdiri dari 16.000 pulau dan memiliki ribuan suku bangsa menjadikan negara ini sangat kaya akan budaya.

Tentunya, hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi warga Indonesia yang tak dimiliki oleh negara lain. 

Salah satu cara terbaik melihat keberagaman budaya tiap suku bangsa di tanah air adalah lewat pakaian khas.

Pakaian khas ini, lanjut dia, juga memiliki kisah uniknya masing-masing, yang menambah keistimewaan pakaian adat tersebut. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved